Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh - Kacang tanah adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang cukup populer di Indonesia. Bahkan kita bisa dengan mudah menemukan berbagai macam olahan kacang tanah di sekitar kita. Suatu keuntungan bagi negara kita karena kaya akan berbagai macam tanaman seperti kacang-kacangan.

Berbicara tentang kacang-kacangan, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari berbagai macam olahan makanan yang satu ini. Kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah didalamnya membuat kacang tanah cukup direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kacang tanah memiliki kandungan gizi seperti serat, protein, dan juga minerel serta vitamin A, C, E, B6, dan masih banyak lagi kandungan lainnya.

Banyaknya kandungan yang terdapat di dalam kacang tanah, membuat makanan yang satu ini banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebenarnya bukan hanya Indonesia, tapi juga manca negara. Berikut ini beberapa manfaat kacang tanah untuk kesehatan tubuh:

Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengurangi rasa depresi

Kacang tanah memiliki kandungan asam amino esensial dengan kandungan tryptophan yang dapat membantu merangsang sorotonin mengendalikan mood tetap terasa baik. Efek tryptophan inilah yang nantinya akan menjadi anti depressant yang dapat membantu mengurangi rasa depresi atau stres. Anda bisa mengkombinasikannya dengan cokelat serta makanan lainnya yang dapat mendukung.

2. Sumber tenaga bagi tubuh

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau kacang tanah merupakan makanan yang cocok untuk orang yang sedang diet sehat. Ya, sebab kacang tanah ini jika dikonsumsi rutin akan dapat menunda kelaparan karena kacang tanah dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, kacang juga dipercaya sebagai sumber tenaga atau energi yang bisa anda manfaatkan setiap saat.

3. Memori meningkatkan power

Tahukah anda apa yang dapat ditemukan dalam kacang yang memberi mereka makanan otak? Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin B3 atau niasin konten yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan termasuk pada fungsi otak normal dan meningkatkan kekuatan memori.

4. Menjaga berat badan

Anda juga bisa memanfaatkan kacang tanah untuk menjaga berat badan anda. Hal ini karena kandungan serat yang terdapat dalam kacang tanah yang dapat membantu menjaga berat badan agar tetap stabil. Konsumsilah kacang tanah ini setiap pagi hari dengan mengkombinasikan makanan lainnya sesuka hati anda.

5. Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang meningkat memang sangat membahayakan tubuh. Untuk menurunkan kolesterol yang ada dalam tubuh, anda bisa memanfaatkan kacang tanah sebagai obat alaminya. Dengan mengkonsumsi kacang tanah secara rutin tiap harinya akan dapat membantu menurunkan kolesterol lebih cepat dan secara alami.

6. Menyetabilkan gula darah

Bagi anda yang memiliki kadar gula darah tinggi, anda jangan takut mengkonsumsi kacang tanah. Bahkan kacang tanah bisa membantu anda dalam menurunkan kadar gula darah hingga benar-benar stabil. Tentunya dengan mengkonsumsinya secara teratur setiap harinya. 

7. Mencegah penyakit jantung

Selain menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh, kacang tanah juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi kacang tanah secara rutin setiap hari, kesehatan jantung anda akan semakin terjaga dengan baik. Dan tentunya resiko penyakit jantung akan lebih berkurang. Hal ini karena kandungan asam oleat yang sangat baik untuk kesehatan jantung, yaitu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

8. Mengurangi resiko batu empedu

Kacang tanah yang dimakan dalam bentuk olahan apapun, meski itu dalam bentuk selai juga dapat membantu mengurangi resiko batu empedu. Tentunya dengan mengkonsumsi kacang tanah tersebut secara rutin setiap harinya. jika resiko batu empedu bisa berkurang, maka juga dapat mencegah berbagai infeksi kantung empedu dan hati hingga 50%.

9. Menurunkan resiko kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan dan berbahaya. Bahkan berdasarkan penelitian, kanker telah membunuh banyak orang. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah kanker, termasuk dengan memanfaatkan kacang tanah. Konsumsilah kacang tanah secara rutin tiap harinya. Kandungan zat antioksidan dalam kacang tanah mampu menurunkan resiko penyakit kanker bagi siapapun.

10. Membantu meningkatkan kesuburan

Kacang tanah juga memiliki kandungan asam folat yang cukup banyak yang dapat membantu meningkatkan kesuburan pada wanita. Berdasarkan penelitian, bahwa wanita yang memiliki asupan harian 4000 mikrogram asam folat sebelum dan selama awal kehamilan dapat mengurangi resiko memiliki bayi lahir dengan cacat tabung saraf serius hingga mencapai 70%.

11. Mencegah keriput

Selain baik untuk kesehatan tubuh. Kacang tanah juga sangat baik untuk meningkatkan kecantikan anda. Salah satunya adalah dapat mencegah kulit keriput. Kandungan vitamin E didalamnya dapat membantu mengurangi garis serta kerutan pada kulit. Dan juga kandungan riboflavin dan vitamin B dalam kacang juga dapat membantu membuat kulit menjadi lebih bersinar. Sehingga anda bisa tampil lebih maksimal.

Peringatan :

Perlu diperhatikan bagi setap orang yang mengkonsumsi kacang. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi kacang. Kacang paling banyak menyebabkan seseorang alergi. Anda perlu berkonsultasi kepada dokter jika memiliki alergi kacang.

Kacang rebus memang sangat baik untuk kesehatan, namun mengkonsumsinya terlalu berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, dan hal ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan. Ini karena kacang tanah mengandung natrium tidak baik untuk seseorang yang menderita hipertensi.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×