11 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan Tubuh

11 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan Tubuh

11 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat melinjo untuk kesehatan tubuh - Siapa yang belum pernah makan melinjo? Sebagian besar dari kalian yang baca ini pasti sudah pernah makan melinjo. Melinjo adalah salah satu spesies tanaman berbiji terbuka. Anda bisa dengan mudah menemukan pohon melinjo di Indonesia.

Melinjo itu sendiri biasa dimanfaatkan sebagai campuran masakan. Namun ada juga yang dijadikan sebagai masakan utama. Yang bisa dimanfaatkan dari melinjo adalah mulai dari kulit yang biasa dijadikan sayur atau makanan ringan, serta bijinya yang biasa dijadikan sebagai emping, yaitu emping melinjo.

Memang tidak semua orang menyukai melinjo, apalagi bijinya yang memliki rasa sedikit pahit. Sering diberitakan juga bahwa melinjo dapat menyebabkan penyakit asam urat. Akan tetapi, buah melinjo ini sebenarnya memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat melinjo untuk kesehatan:


1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah melinjo memiliki kandungan alami antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan tersebut akan membantu menangkal serangan radikal bebas berbahaya. Kandungan antioksidan tersebut juga dapat bekerja seperti vitamin C pada buah-buaha. Sehingga sangat baik untuk kekebalan tubuh anda.

2. Memperkuat daya ingat

Bagi anda yang ingin agar daya ingat anda selalu stabil, kuat, dan meningkat, anda bisa rutin mengkonsumsi melinjo. Melinjo memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan didalamnya dapat meningkatkan daya ingat otak anda. Sehingga sangat baik untuk kesehatan otak dan kecerdasan otak serta kekuatan otak dalam mengingat.

3. Melancarkan urin

Jika anda memiliki masalah tidak lancarnya urin saat keluar, anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan melinjo. Biasanya urin yang tidak lancar ini disebabkan oleh bakteri dan sistem kemih yang tidak lancar. Konsumsilah melinjo untuk mengatasinya. Jika tidak efektif bisa mencoba menggunakan uap dari buah melinjo yang direbus.

4. Mencegah anemia

Penyakit anemia bisa disebabkan karena hilangnya sel-sel darah merah yang menyebabkan tidak adanya oksigen yang cukup dalam tubuh. Ketika tubuh terserang anemia, tubuh akan menjadi lebih lemah, lelah, dan tidak bersemangat. Biasanya gangguan utamanya adalah pusing. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi buah melinjo secara rutin, sehingga dapat meningkatkan sel darah merah dan membantu mengatasi anemia.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Daun melinjo memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan mata anda. Sangat cocok bagi anda yang memiliki masalah dengan mata anda. Melinjo bisa menjadi obat alami yang bisa anda konsumsi secara rutin.

6. Meningkatkan stamina

Melinjo juga bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan stamina yang hilang dari diri anda. Anda cukup mengkonsumsi melinjo secara rutin. Anda bisa menjadikan melinjo sebagai makanan ringan atau dimasak dengan campuran masakan lainnya. Cemilan yang ringan ini selain menyenangkan juga mengandung kalori yang rendah. Jika anda sedang lelah, cobalah konsumsi melinjo.

7. Bahan alami untuk hipertensi

Bagi anda yang memiliki riwayat hipertensi, anda bisa mengobatinya dengan melinjo. Melinjo ini sangat baik untuk mengobati tekanan darah tinggi, menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Dalam melinjo ini terdapat protein khusus yang dapat membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Namun tetap ingat, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi buah melinjo.

8. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sangat membahayakan jika dibiarkan. Tanganilah sejak dini, yaitu dengan mengkonsumsi makanan pencegah penyakit jantung. Anda bisa mengkonsumsi melinjo secara rutin untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan antioksidan dan flavonoid didalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

9. Menjadi bahan pengawet alami

Ekstrak yang dihasilkan dari buah melinjo banyak mengandung flavonoid dan antioksidan yang dapat membantu mengawetkan makanan tertentu secara alami. Melinjo dapat mengurangi potensi perkembangan bakteri dan jamur pada suatu makanan. Bahkan olahan makanan melinjo pun tidak perlu bahan pengawet dan tetap bisa bertahan lama tanpa berjamur atau rusak.

10. Mencegah penuaan dini

Penuaan diri biasanya disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena serangan radikal bebas yang ada di luar ruangan. Kulit akan menjadi semakin keriput dan tidak elastis lagi. Namun dengan mengkonsumsi buah melinjo secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya kulit keriput atau tanda penuaan dini lainnya. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan alami dalam melinjo.

11. Mengobati luka

Jika anda memiliki luka akibat gigitan serangga atau terkena benda tajam, anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan melinjo. Tumbuklah daun melinjo dan tambahkan bawang putih. Kemudian terapkan pada bagian kulit anda yang terluka selama beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Luka akan cepat mengering karena adanya kandungan antioksidan yang terdapat didalam melinjo.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Luar Biasa Melinjo untuk Kesehatan Tubuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×