Tips Mengatasi Kerontokan Rambut Pada Pria

Tips Mengatasi Kerontokan Rambut Pada Pria

Tips Mengatasi Kerontokan Rambut Pada Pria

Semua orang, baik pria dan wanita tentu pernah alami masalah kerontokan rambut. Ini suatu hal yang wajar untuk kehilangan 100 helai rambut per harinya, akan tetapi bila berlebihan, terkadang hal tersebut malah jadi masalah medis yang jadi penyebab kerontokan rambut. 

Cara Mengatasi Kerontokan Rambut Pada Pria


Pola kerontokan rambut pada pria ini umumnya dikenal dengan istilah alopsia androgenetik. Yang mana kerontokan rambut tersebut terjadi dikarenakan akar rambutnya yang terlalu peka pada salah satu jenis hormone testosterone, yakni dihidrotestosteron atau DHT. Tingginya DHT ini menjadikan helai rambut jadi lebih tipis dan juga mudah rontok dari akarnya. Nah, kerontokan rambut pada pria umumnya berpola seperti berikut ini :

# Garis rambut bergeser naik
# Terjadinya penipisan rambut pada bagian ubun-ubun dan juga samping kepala

Sementara itu, pola dari kerontokan rambut pada wanita umumnya hanya akan menipis di bagian atas kepala saja. Kerontokan rambut pada wanita ini biasanya ada kaitannya dengan terjadinya perubahan hormone, seperti halnya pada masa menopause, masa kehamilan, dan juga penggunaan kontrasepsi hormonal.

Penyebab utama kerontokan rambut pada pria

Penyebab utama kerontokan rambut pada pria
  • Pengaruh gizi. Asupan gizi buruk juga bisa mempengaruhi sebab bisa sebabkan helai rambut yang telah tumbuh jadi lebih menipis dan rapuh.
  • Rambut yang sering jalani proses kimia di salon. Sering diwarnai dan diluruskan secara permanen juga bisa menjadikan batang rambut jadi lebih rentan untuk patah.
  • Alopsia areata. Jenis kerontokan rambut yang satu ini sebabkan pitak dan biasanya terjadi pada remaja dan dewasa. Tapi sebagian besar rambut penderita akan kembali tumbuh setelah 1 tahun. 
  • Efek samping obat-obatan. Kerontokan rambut juga dapat disebabkan oleh obat-obatan yang umumnya dipergunakan untuk menangani arthritis, gangguan jantung, depresi, dan tekanan darah tinggi.
  • Tekanan psikologis, contohnya stress. Pada jenis satu ini sih penderita akan alami penipisan rambut tetapi tak selalu alami kebotakan. Kerontokan rambut satu ini lebih cenderung berkurang tanpa adanya penanganan medis secara khusus.
Cara mengatasi kerontokan rambut pada pria

Kerontokan rambut biasanya adalah bagian dari reaksi alami tubuh sebab penuaan sehingga tak membahayakan kesehatan. Oleh sebab itulah gangguan satu ini sangat jarang sekali butuhkan penanganan medis. Tapi bila kerontokan rambut sudah mencapai pada tingkatan yang sangat mengkhawatirkan, maka langkah penanganan berikut ini bisa dilakukan.

Kerontokan rambut dan kebotakan pada pria bisa ditangani dengan 2 jenis obat, yakni finasteride dan juga minoxidil. Sementara itu kerontokan rambut dan kebotakan pada wanita bisa ditangani dengan minoxidil. Tujuan dari penanganan tersebut umumnya untuk alasan estetika saja. Keefeksifan penanganan ini hanya akan berlangsung selama sih penderita gunakan obat. 

Demikian informasi tentang Tips mengatasi kerontokan rambut pada pria yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.
Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
This Is The Newest Post
×
×