10 Tips Mencegah dan Mengatasi Osteoporosis Sejak Dini

10 Tips Mencegah dan Mengatasi Osteoporosis Sejak Dini

10 Tips Mencegah dan Mengatasi Osteoporosis Sejak Dini

Tips mencegah dan mengatasi osteoporosis sejak dini - Osteoporosis adalah suatu penyakit yang datang dalam jangka waktu yang panjang, dan biasanya terjadi pada seseorang yang sudah lanjut usia atau sudah tua. Memang penyakit ini tidak terlalu terlihat di usia muda, tapi justru inilah yang membuat kesadaran seseorang untuk mencegahnya menjadi berkurang.

Sebenarnya sangat penting bagi kita untuk mencegah penyakit ini. Sebab, osteoporosis ini bukan hanya penyakit biasa, dan bisa membuat tulang-tulang tubuh menjadi kropos serta tidak kuat mengangkat beban bahkan tubuhnya sendiri. Bahkan angka kematian yang disebabkan oleh osteoporosis cukup tinggi, hal itu disebabkan oleh kecacatan tulang hingga patah tulang yang menurunkan kualitas hidup seseorang. Penurunan kualitas hidup inilah yang menyebabkan angka kematian menjadi lebih tinggi.

Memang kebanyakan osteoporosis dialami oleh wanita, tapi bukan berarti tidak bisa menyerang pria. Pria juga perlu melakukan pencegahan seperti halnya wanita. Berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk mencegah dan mengtasi osteoporosis sejak dini:

Tips Mencegah dan Mengatasi Osteoporosis Sejak Dini

1. Banyak mengkonsumsi kalsium

Kalsium adalah salah satu kandungan yang dapat membantu menurunkan resiko osteoporosis. Sebab, kalsium sangat dibutuhkan oleh tulang, jika kandungan kalsium terpenuhi dengan baik, maka risiko terkena osteoporosis akan lebih minim. Anda bisa mendapatkan kandungan kalsium yang baik terutama pada susu. Konsumsilah susu secara rutin setiap harinya.

2. Hindari rokok, kopi, dan alkohol

Salah satu kebiasaan yang tidak baik adalah kebiasaan merokok, mengkonsumsi kopi berlebihan, dan kebiasaan mengkonsumsi alkohol. Ketiga kebiasaan itu bukan hanya membahayakan kesehatan dalam jangka dekat, tapi juga dalam jangka jauh yaitu osteoporosis. Hindarilah kebiasaan tersebut agar terhindar dari osteoporosis.

3. Hindari soft drink

Soft drink adalah salah satu minuman bersoda yang juga dapat menjadi faktor dalam pengroposan tulang. Kandungan asam yang terdapat didalamnya bisa menghilangkan lapisan enamel gigi dan menghabiskan simpanan kalsium dalam tulang.

4. Sayuran hijau

Agar terhindar dari osteoporosis atau pengroposan tulang, yang perlu anda lakukan adalah menjaga asupan makanan anda. Dan asupan makanan yang penting untuk dikonsumsi adalah sayuran hijau segar. Sayuran hijau mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama tulang. Anda bisa memilih sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, dan sawi hijau.

5. Vitamin D

Apakah asupan nutrisi dan vitamin dalam tubuh anda sudah benar-benar terpenuhi dengan baik? Salah satunya adalah vitamin D. Vitamin D adalah salah satu kandungan yang dapat membantu mencegah dan mengatasi osteoporosis. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D secara rutin dapat membantu menjaga kepadatan dan kekokohan tulang, serta kinerja tulang dalam menyerap kalsium akan menjadi lebih maksimal.

6. Olahraga

Olahraga juga salah satu cara efektif untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Sebab, olahraga dapat melatih kekuatan tulang agar tetap kokoh dan terlatih untuk selalu bergerak dan mengangkat beban berat. Usahakan untuk selalu olahraga setiap hari secara rutin. Tidak perlu olahraga berat, olahraga lah yang ringan namun rutin. Jika anda kuat, bolehlah mencoba olahraga berat. 

7. Vitamin K

Selain vitamin D, anda juga perlu mengkonsumsi vitamin K untuk membantu mencegah tulang anda dari osteoporosis atau pengkroposan. Mengkonsumsi vitamin K secara rutin dapat membantu menjaga tulang tetap sehat, kuat, dan kokoh. Anda bisa mendapatkan vitamin K dari banyak sayuran seperti kangkung, sawi, dan juga bayam.

8. Teh Hijau

Teh hijau juga bisa anda pilih untuk membantu mengatasi dan mencegah osteoporosis. Teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Dan kandungan lainnya yang terdapat dalam teh hijau pun sangat baik untuk kesehatan tulang. Bahkan berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi teh hijau rutin memiliki tulang panggul atau pinggul yang kuat dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi teh hijau rutin.

9. Hindari Makanan Berlemak

Anda juga perlu menghindari berbagai macam makanan berlemak, sebab makanan berlemak dapat menjadi pemicu penyakit osteoporosis. Hal ini dikarenakan lemak dapat menghambat penyerapan kalsium, lemak akan mengikat kalsium yang membuat sulit untuk diserap oleh tulang. Oleh sebab itu sangat perlu bagi anda untuk menghindari makanan berlemak.

10. Hindari Diet Ekstrem

Bukan hanya menghindari makanan berlemak, tapi juga harus menghindari diet ekstrim. Memang setiap orang ingin memiliki tubuh yang langsing atau ideal. Namun diet ekstrim bukanlah jalan baik. Bahkan diet ekstrim justru akan membahayakan kesehatan tubuh. Diet ekstrim bisa menyebabkan wanita lebih mudah terkena osteoporosis.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Mencegah dan Mengatasi Osteoporosis Sejak Dini. Sangat penting bagi kita untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat sejak dini. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×