Penyebab Jerawat Gatal Dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab Jerawat Gatal Dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab Jerawat Gatal Dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab Jerawat Gatal Dan Cara Mengatasinya Secara Alami - Jerawat sebenarnya masalah kulit yang tidak berbahaya, namun jerawat merupakan masalah serius karena dapat merusak penampilan dan momen seseorang. Jerawat juga membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, sehingga kehadiran jerawat tentunya sangat mengganggu aktivitas dan harus segera diatasi.

Berbicara tentang masalah jerawat, jerawat tidak hanya mengganggu penampilan saja, namun jerawat juga membuat kita merasa tidak nyaman. Ya, hal ini dikarenakan jerawat sering menimbulkan rasa gatal pada kulit, dan ketika digaruk justru akan menyebabkan jerawat menyebar dan semakin banyak. Selain itu jerawat juga membuat kulit menjadi kasar dan tak enak untuk dipandang.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah jerawat yang gatal pada kulit wajah. Oke, ladies, dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasi jerawat yang terasa gatal pada kulit wajah. Namun sebelumnya kita kenali dulu penyebab jerawat gatal. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi kita untuk mencegah atau mengatasinya.

Penyebab Jerawat Gatal Dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Berikut penyebab jerawat gatal

1. Keadaan jerawat atau kulit wajah yang kotor

Penyebab utama munculnya jerawat serta jerawat terasa gatal adalah dikarenakan jerawat atau kulit wajah yang kotor. Keadaan jerawat atau kulit wajah yang kotor akan membuat bakteri mudah berkembang biak dan membuat jerawat semakin parah serta muncul rasa gatal. Hal ini jika digaruk akan menyebabkan bakteri akan menyebar ke bagian kulit lainnya hingga mengakibatkan munculnya jerawat-jerawat baru. Untuk itu, kita harus selalu menjaga kebersihkan kulit wajah untuk mencegah serta mengatasi masalah jerawat.

2. Keringat

Penyebab jerawat gatal berikutnya yaitu dikarenakan keringat. Keringat yang tidak segera dibersihkan akan menjadi sarang bakteri, terlebih jika keringat bercampur dengan debu, polusi atau sisa make up. Akibatnya kulit wajah akan terasa gatal dan muncul jerawat gatal yang akan sangat mengganggu sekali. Untuk itu, baiknya anda langsung membersihkan keringat dengan menggunakan tisu.

3. Kosmetik

Kosmetik atau make up juga bisa menjadi penyebab utama munculnya jerawat gatal. Penggunaan make atau kosmetik yang tidak sesuai akan membuat kulit menjadi alergi dan terasa gatal, hal ini akan semakin parah jika kosmetik atau make up yang digunakan sudah kadaluarsa sehingga akan menyebabkan munculnya jerawat gatal. Jerawat yang didempul dengan make up tebal juga akan menyebabkan jerawat menjadi gatal.

4. Alergi

Alergi juga bisa jadi penyebab munculnya jerawat gatal. Alergi bisa sebabkan oleh banyak faktor seperti makanan, bulu binatang, debu, kosmetik, obat dan lain sebagainya. Alergi akan menyebabkan kulit terasa gatal dan kemerahan yang nantinya juga akan menyebabkan munculnya jerawat gatal.

5. Menyentuh jerawat dengan tangan kotor

Saat memiliki jerawat memang terasa tidak nyaman, sehingga tangan ingin rasanya menyentuh atau memencetnya. Nah, hal inilah yang menyebabkan jerawat menjadi gatal. Ya, menyentuh atau memencet jerawat akan membuat jerawat menjadi meradang dan terasa gatal, terlebih jika tangan dalam keadaan kotor.

Cara mengatasi jerawat gatal

Untuk mengatasi jerawat gatal, baiknya kita hindari terlebih dulu hal-hal yang dapat menyebabkan munculnya jerawat gatal. Setelah itu kita melakukan pengobatan. Berikut cara alami mengatasi jerawat gatal.

1. Rajin mencuci kulit wajah

Kadaan kulit wajah yang kotor akan menyebabkan munculnya jerawat dan rasa gatal pada kulit wajah. Untuk itu, kita harus selalu rajin membersihkan kulit wajah dengan cara mencuci kulit wajah. Dengan mencuci kulit wajah, rasa gatal akan hilang, kuman akan hilang dan jerawat akan sembuh. 

1. Bawang putih

Cara kedua untuk mengatasi jerawat gatal adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih adalah bumbu masak yang kaya akan antioksidan serta bersifat anti bakteri sehingga sangat baik sekali untuk kesehatan, terutama untuk mengkal kanker. Nah, dalam mengatasi jerawat, bawang putih juga dikenal sangat ampuh sekali, bawang putih dapat mengatasi jerawat hanya dalam semalam saja. Cara menggunakannya yaitu, haluskan bawang putih, kemudian tempelkan pada jerawat dan diamkan selama semalam, maka jerawat akan kempis dan sembuh. Rasa gatal pada jerawat juga akan hilang.

3. Minyak zaitun

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Memang sudah bukan rahasia lagi jika minyak zaitun adalah minyak yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam dunia kecantikan minyak zaitun sering digunakan sebagai masker atau pelembab kulit wajah. Nah, masalah jerawat gatal juga dapat kita atasi dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya yaitu bersihkan kulit wajah dan oleskan minyak zaitun pada kulit wajah, diamkan hingga kering dengan sendirinya.

4. Lemon

Sama halnya dengan bawang putih, lemon juga merupakan bahan alami yang sangat ampuh untuk mengatasi jerawat. Tidak hanya jerawat, lemon juga ampuh untuk mengatasi masalah kulit lainnya seperti kulit kering, kusam, berminyak, keriput dan lain sebagainya. Caranya mudah sekali, oleskan air lemon pada jerawat atau kulit wajah secara marata, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

5. Mentimun

Kita juga dapat menggunakan masker mentimun untuk mengatasi masalah jerawat gatal pada kulit wajah. Masker mentimun akan membersihkan kulit wajah juga jerawat dari kotoran maupun kuman, sehingga jerawat atau rasa gatal akan hilang. Caranya yaitu haluskan mentimun, kemudian aplikasikan pada kulit wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

6. Kunyit

Cara berikutnya kita bisa menggunakan kunyit. Kunyit tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu masak saja, namun juga dapat digunakan sebagai masker kecantikan. Kunyit memiliki sifat anti bakteri dan antiinflamasi yang dapat mengatasi jerawat yang sedang meradang. Caranya yaitu haluskan kunyit, beri sedikit air dan aplikasikan pada kulit wajah. Cara ini juga ampuh untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah.

7. Lidah buaya

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memang tanaman yang identik dengan kecantikan rambut. Namun lidah buaya juga dapat kita manfaatkan untuk kecantikan kulit. Gel lidah buaya mampu mengatasi jerawat dan rasa gatal pada kulit. Cara menggunakannya mudah sekali. Anda tinggal aplikasikan gel lidah buaya pada kulit yang sakit, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Jerawat Gatal Dan Cara Mengatasinya Secara Alami. Bagaimana mudah sekali bukan untuk mengatasi jerawat gatal pada kulit wajah. Silahkan mencoba dan semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×