Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit dan Cara Mengatasinya

Penyebab gatal pada kulit dan cara mengatasinya - Gatal adalah salah satu penyakit yang bukan menjadi masalah besar. Bahkan setiap orang pasti pernah mengalaminya. Jika diobati biasanya langsung sembuh dengan sendirinya. Namun bisa juga nantinya datang kembali.

Pada kasus lain, penyakit gatal-gatal ini juga dapat berakibat pada penyakit serius, seperti gangguan fungsi hati yang menimbulkan kulit berwarna kuning dan terasa gatal. Jika gatal yang anda alami berlangsung selama terus-menerus dan sulit untuk disembuhkan, maka lebih baik konsultasikan lepada dokter akan penyakit gatal anda tersebut. Hal ini ditujukan agar mendapatkan pemeriksaan lanjut dan pengobatan yang lebih tepat.

Di sisi lain, anda juga sebenarnya dapat mengobati gatal-gatal dengan cara alami. Cara ini sangat mudah untuk anda lakukan. Namun sebelum kita tahu bagaimana cara mengatasi gatal-gatal, berikut ini beberapa penyebab gatal-gatal yang perlu anda ketahui:


Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit dan Cara Mengatasinya

1. Kurang menjaga kebersihan

Kebersihan adalah suatu hal yang perlu untuk kita terapkan. Jika anda mengalami gatal-gatal, maka bisa saja hal itu disebabkan karena kurangnya kebersihan dalam lingkungan maupun diri anda. Lingkungan yang bersih akan berdampak pada terbebasnya berbagai macam penyakit seperti penyakit gatal. Oleh sebab itu, jagalah kebersihan lingkungan dan badan. Mandilah 3 kali sehari, atau paling tidak 2 kali dalam sehari.

2. Terkena gigitan serangga

Gigitan serangga seperti nyamuk juga menyebabkan kulit kita menjadi gatal-gatal. Mengapa ada nyamuk? Kembali lagi pada poin satu, mungkin saja kebersihan yang kurang terjaga sehingga banyak nyamuk dan menggigit kulit anda lalu terjadi gatal-gatal. Jika hal ini dibiarkan akan sangat berbahaya. Tanpa kita sadari bisa saja gigitan serangga seperti nyamuk tersebut menyebab datangnya penyakit demam berdarah, cikumunya, dan lain sebagainya.

3. Faktor makanan

Makanan juga dapat menjadi pemicu atau penyebab terjadinya gatal-gatal. Beberapa jenis makanan memang dapat menyebabkan rasa gatal. Seperti susu, telur, jenis kacang-kacangan, dan lain-lain. Pelajarilah berbagai jenis makan lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya gatal-gatal, lalu kurangi mengkonsumsi makanan tersebut agar tidak menimbulkan gatal-gatal seperti alergi.

4. Disebabkan penyakit

Gatal yang tidak kunjung sembuh pada tubuh anda, segeralah periksakan pada dokter terdekat. Mungkin saja ada suatu riwayat penyakit tertentu dalam tubuh anda yang menyebabkan terjadinya gatal-gatal. Misalnya, penyakit cacar air. Biasanya cacar air ini kalau sudah mengering akan menyebabkan gatal-gatal di seluruh tubuh. 

5. Faktor Cuaca lingkungan

Mungkn saja gatal-gatal yang anda alami dan anda rasakan disebabkan karena cuaca lingkungan. Cuaca lingkungan yang tidak menentu bisa menjadi penyebab terjadinya gatal-gatal pada kulit. Pergantian cuaca yang terlalu cepat dan tidak menentu ini akan dapat menyebabkan beberapa orang merasa gatal-gatal pada kulit. Hal ini terjadi karena kulit yang sensitif terhadap perubahan cuaca.

Cara mengatasi penyakit gatal-gatal

Setelah anda mengetahui beberapa penyebabnya, yang perlu anda ketahui berikutnya adalah bagaimana cara mengatasi penyakit tersebut. Nah, anda bisa melakukan cara alami yang lebih efektif yang lebih aman. Berikut ini beberapa cara mengatasi penyakit gatal-gatal:

1. Daun salam

Untuk menagatsi penyakit gatal-gatal, anda bisa memanfaatkan daun salam. Daun salam dapat anda jadikan sebagai penyedap masakan seperti nasi liwet dan juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional alternatif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit gatal. Cucilah daun salam sampai bersih lalu ditumbuk sampai halus. Lalu oleskan tumbukan daun salam itu pada kulit anda yang gatal.

2. Lidah buaya

Lidah buaya memang dikenal sebagai tumbuhan yang baik untuk kesehatan rambut. Namun sebenarnya gel lidah buaya juga sangat baik untuk mengatasi masalah gatal-gatal, baik itu gatal berair maupun kering. Anda bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang terasa gatal.

3. Lemon dan minyak kelapa

Cara yang bisa anda lakukan lainnya adalah dengan memanfaatkan lemon dan minyak kelapa. Minyak kelapa dan jeruk lemon ini sangat baik untuk mengatasi masalah gatal-gatal pada kulit anda. Peraslah jeruk lemon dan campurkan perasannya dengan minyak kelapa. Lalu oleskan campuran tersebut pada bagian kulit yang gatal-gatal. Biarkan semalaman hingga gatal bisa berkurang dan hilang.

4. Garam dicampur dengan minyak goreng

Anda juga dapat memanfaatkan garam dan minyak goreng untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Siapkan piring kecil dan tuangkan minyak goreng secukupnya dan campurkan garam dapur sedikit. Aduklah hingga merata, lalu oleskan campuran garam dan minyak goreng tersebut pada kulit tubuh anda yang terasa gatal.

5. Dengan jahe

Jahe memang telah dikenal akan khasiat dan manfaatnya yang sangat melimpah. Jahe bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bau badan tak sedap. Di sisi lain, jahe juga dapat anda manfaatkan untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit tubuh kita. Ambil jahe sebanyak 30 gram lalu cuci hingga bersih. Lalu rebuslah bahan-bahan seperti cuka 60cc, gula merah, dan beras putih secukupnya dengan air 800cc. Minumlah air rebusan tersebut secara teratur.

6. Kulit pisang

Mungkin selama ini yang kita tahu buah pisang yang bisa dimanfaatkan hanya buahnya saja. Namun ternyata kulitnya juga bisa dimanfaatkan. Bahkan untuk kesehatan tubuh, yaitu dapat mengobati gatal-gatal pada kulit. Anda cukup menempelkan kulit pisang yang bagian dalam pada kulit yang gatal-gatal. Lalu pijatlah kulit pisang hingga halus. Tunggu reaksiny setelah melakukan secara rutin.

7. Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Salah satunya dapat dijadikan obat tradisional atau obat alami kulit gatal-gatal. Tumbuklah kunyit secukupnya dengan beberapa lembar daun sambiloto sampai halus. Namun sebelumnya cuci dulu kunyit dan daun sambiloto agar tidak terjadi iritasi kulit. Lalu oleskan hasil tumbukan pada kulit anda yang gatal.

8. Tanah liat

Mungkin yang terakhir ini agak aneh, yaitu menggunakan tanah liat. Bukankah justru tanah liat bisa mendatangkan gatal pada kulit tubuh? Tidak, justru sebaliknya. Tanah liat ini dapat mengobati gatal secara alami, terutama gatal akibat gigitan serangga. Tanah liat bekerja menarik racun yang menempel pada kulit, sehingga rasa sakit pada kulit menjadi lebih berkurang. Campurkan tanah liat dengan air hingga menjadi seperti selai kacang atau setengah lumpur. Lalu oleskan pada bagian yang gatal.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×