11 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Kecantikan

11 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Kecantikan

11 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan kecantikan - Belimbing adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya rasanya saja yang enak dan menyenangkan serta menyegarkan saat dimakan, tapi juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Berbicara tentang buah blimbing, buah ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tidak heran jika belimbing disukai oleh banyak orang. Belimbing bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi berbagai macam resep masakan. Diolah seperti apapun belimbing masih tetap memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Apa saja manfaat dari buah belimbing dalam dunia kesehatan dan kecantikan? Sebenarnya sangat banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah belimbing. Berikut ini beberapa manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan kecantikan:


Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Menyehatkan Pencernaan

Belimbing kaya akan kandungan serat yang dapat membantu penyerapan kolesterol LDL pada makanan dalam usus. Serat yang terkandung didalamnya juga akan membantu melindungi selaput lendir usus dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Sehingga pencernaan menjadi lebih sehat dan terhindar dari resiko gejala kanker usus besar.

2. Obat batuk

Jika anda mengalami masalah batuk yang mengganggu, anda dapat mengobatinya dengan memanfaatkan belimbing. Silahkan ambil daun, bunga, buah, masing-masing banyaknya sama dan secukupnya. Kemudian direbus dengan air 3 gelas sampai mendidih selama 30 menit. Setelah mendidih, minumlah air hasil rebusan tersebut secara rutin sampai batuk menghilang.

3. Pengobatan panu

Anda juga dapat menghilangkan panu yang mengganggu penampilan tubuh anda. Caranya, Siapkan 10 buah belimbing dicuci dan ditumbuk halus, tambahkan kapur sirih dari biji asam jawa, lalu hancurkan sampai halus. Setelah selesai kemudian tinggal digosokkan pada kulit yang ada panunya. Lakukan 2 kali sehari secara rutin untuk menghilangkan secara maksimal.

4. Pengobatan rematik

Untuk memanfaatkan belimbing sebagai obat alami rematik, anda siapkan Segenggam daun belimbing dicuci dan tumbuklah sampai halus. Tambahkan kapur sirih, lalu gosokan pada bagian yang sakit. Selain itu anda juga bisa menggunakan 100 gr daun muda belimbing, 10 biji cengkeh dan 15 biji merica dicuci sampai bersih dan ditumbuk halus, tambahkan cuka secukupnya sampai adonan seperti bubur. Kemudian tempelkan adonan tersebut pada tempet yang sakit. Lakukan dengan 2-3 kali sehari secara rutin.

5. Pengobatan gondok

Anda memiliki masalah gondok? Jangan takut, anda bisa mengobatinya secara alami dengan belimbing. Siapkan daun belimbing setengah genggam dan ditumbuk dengan 3 bawang putih. Kompreskan pada bagian gondok. Siapkan juga 10 ranting muda belimbing yang berikit daunya dan 4 butir bawang merah. Cucilah semua bahan hingga bersih lalu haluskan. Kemudian balurkan pada bagian yang sakit.

6. Pencegahan kanker

Belimbing memiliki kandungan vitamin C yang dapat mencegah serangan gejala kanker. Belimbing mengandung vitamin C dalam jumlah yang besar yang akan menjadi antioksidan alami dan kuat. Sekitar 100 g buah belimbing akan memberikan 34,7 mg atau sekitar 57% asupan vitamin C yang dibutuhkan setiap hari. Secara umum, manfaat buah-buahan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh manusia mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, radikal bebas dan anti inflamasi bagi tubuh. Konsumsilah secara rutin agar tubuh anda terhindar dari serangan penyakit kanker.

7. Mengatasi gangguan ginjal

Jika anda mengalami keluhan gangguan ginjal, atau mengalami masalah pada ginjal anda, maka anda dapat memanfaatkan belimbing untuk mengatasinya. Karena belimbing memiliki konsentrasi yang sangat tinggi terhadap asam oksalat. Bahkan ilmuwan menganggapnya sebagai senyawa anti nutrisi, seperti mengganggu penyerapan dan metabolisme beberapa mineral alami seperti kalsium, magnesium dan sebagainya. Konsumsilah secara rutin.

8. Mengatasi tekanan darah tinggi

Belimbing memiliki kandungan mineral dan elektrolit seperti kalium, fosfor, seng, dan besi. Semua kandungan tersebut sangat penting bagi tubuh. Sebab, dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, akan menekan pengaruh buruk dari sodium. Penyembuhan hipertensi banyak dilakukan dengan terapi belimbing, dengan mengkonsumsinya secara rutin. Jika dikonsumsi secara rutin, maka tekanan darah dalam tubuh akan menjadi lebih stabil dan tetap stabil.

9. Mengurangi kadar kolesterol jahat

Belimbing memiliki kandungan zat pektin yang dapat mengurangi kolesterol dalam darah. Pektin mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Hal ini sangatlah baik bagi penderita gejala penyakit diabetes. Dan bagi anda yang tidak memiliki masalah diabetes, mengkonsumsi belimbing juga sangat baik untuk mencegah terjadinya diabetes atau mencegah kenaikan kadar kolesterol jahat.

10. Pengobatan jerawat

Belimbing juga bermanfaat untuk kecantikan tubuh anda. Anda bisa mengobati jerawat anda dengan belimbing. Cukup siapkan 5 buwah belimbing segar. Cuci secara menyeluruh, lalu blender blimbingnya dan tambahkan sedikit garam. Tempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan pagi dan sore hari. Atau anda juga bisa melakukan cara lain, yaitu dengan mempersiapkan 5 buah belimbing dan 1/5 sendok teh bubuk belerang, ditumbuk halus lalu diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. Basuhkan pada bagian yang berjerawat dan bagian wajah yang berminyak. Lakukan 2-3 kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Untuk rambut uban

Nah, bagi anda yang mengalami masalah pada kesehatan rambut anda, belimbing sangat cocok untuk anda manfaatkan sebagai obat alami atau bahan alami perawatan rambut agar terjaga kesehatan, kelembaban, dan kecantikan. Bagi anda yang memiliki uban meski masih berusia muda. kandungan mineral serta vitamin dalam jus belimbing bermanfaat mengurangi kondisi beruban pada rambut. Antioksidannya juga menjaga sel-sel tubuh lainnya dalam mengalami penuaan dini. Lakukanlah perawatan menggunakan belimbing secara rutin.

Demikianlah informasi tentang 11 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×