Manfaat dan Efek Samping Kacang Kedelai untuk Kesehatan

Manfaat dan Efek Samping Kacang Kedelai untuk Kesehatan

Manfaat dan Efek Samping Kacang Kedelai untuk Kesehatan

Manfaat dan efek samping kacang kedelai untuk kesehatan - Kedelai adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan karbohidrat, serat, vitamin E, K, dan asam lemak essensial, serta lisin yang merupakan asam amino yang terkandung dalam kacang kedelai.

Berbicara tentang kacang kedelai, anda bisa mengolah kacang tersebut dengan berbagai macam olahan, seperti tempe kedelai, susu kedelai, dan lain sebagainya. Semua olahan kedelai tersebut dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan anda. Tapi ingat, jangan berlebihdan dalam mengkonsumsi kacang kedelai, karena kedelai juga dapat memberikan efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

Kacang kedelai memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, namun juga memberikan efek samping untuk kesehatan. Bukan hanya untuk orang yang alergi susu kedelai, tapi juga untuk orang-orang normal juga bisa menerima efek samping dai kacang kedelai ini. Lantas, apa saja manfaat dan efek samping dari kacang kedelai? Sebelum itu, simak dulu berikut ini beberapa kandungan gizi yang ada didalam kacang kedelai:


Manfaat dan Efek Samping Kacang Kedelai untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi kacang kedaelai

1. Lemak

Kacang kedelai memang mengandung lemak, namun bukan lemak yang jahat, melainkan lemak tak jenuh seperti asam linolenat serta asam omega 3. Dan yang istimewa adalah hadirnya omega 3 didalam kacang kedelai ini.

2. Proein

Kacang kedelai juga memiliki kandungan protein. Sehingga sangat disarankan untuk para vegetarian. Sebab, protein ini akan sangat penting membantu membangun sel yang ada didalam tubuh. Anda bisa menjadikan kedelai ini sebagai makanan sehari-hari anda.

3. Serat

Serat juga turut menghiasi kandungan kedelai. Serat bukan hanya pada buah-buahan saja, dalam kacang kedelai pun mengandung serat yaitu sebanyak 8 gram. Namun berbeda dengan kedelai yang telah mengalami masa pengolahan.

4. Kalsium

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa kacang kedelai memang merupakan sumber dari kalsium. Kandungan kalsium ini sangat baik untuk kesehatan. Bahkan kandungan kalsium dalam kacang kedelai lebih baik daripada kacang-kacangan lainnya. Namun kandungan kalsium ini dapat berubah tergantung pengolahannya.

5. Lechitin

Dalam kacang kedelai juga terdapat senyawa choline yang berguna untuk metabolisme tubuh. Bahkan zat choline ini dapat membantu metabolisme lemak yang sering tesendat di hati. Choline ini akan membantu melindungi organ hati.

Manfaat kacang kedelai untuk kesehatan

1. Meningkatkan metabolisme

Kacang kedelai merupakan sumber protein yang sangat tinggi, sehingga sangat cocok untuk anda konsumsi setiap harinya untuk menambah asupan protein. Jika asupan protein tercukupi, tentu metabolisme dalam tubuh anda akan menjadi lebih meningkat. Protein itu sendiri adalah sebagai blok pembangun sel serta pembuluh darah.

2. Memerangi radikal bebas

Kandungan zat isoflavon dalam kacang kedelai merupakan senyawa yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebab, dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh yang dikarenakan oleh polusi udara. Bagi anda yang sering beraktivitas diluar rumah, kedelai ini sangat cocok untuk melindungi tubuh anda dari radikal bebas.

3. Baik untuk sistem pencernaan

Karena kacang kedelai mengandung serat, maka kacang kedelai juga sangat disarankan untuk dikonsumsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam kacang kedelai ini akan membantu mempercepat pembuangan sisa makanan melalui saluran pencernaan. Anda bisa menambahkan kedelai sebagai makanan harian anda agar pencernaan tetap lancar.

4. Meningkatkan kualitas otak

Kacang kedelai juga mengandung lesitin yang dapat memberikan asupan baik untuk kinerja otak. Bahkan kandungan lesitin dala kacang kedelai ini mampu mencegah penyakit alzeimer dan kandungan pitosterol didalamnya mampu meningkatkan sel saraf.

5. Mencegah osteoporosis

Untuk menghindari osteoporosis, kacang kedelai sangat cocok untuk anda konsumsi tiap harinya. Kandungan vitamin A, B, dan C dalam kacang kedelai sangat bagus untuk pertumbuhan tulang anda. Selain itu, kandungan kalsium dalam kacang kedelai juga sangat baik untuk pertumbuhan tulang anda. Sehingga dapat membantu mencegah keropos tulang anda sejak dini.

6. Mengurangi resiko penyakit jantung

Kacang kedelai juga mampu menjaga kesehatan jantung anda. Kandungan alami yang ada didalamnya mampu mengurang LDL atau kolesterol jahat, serta menurunkan kemungkinan pembekuan darah. Sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Konsumsilah kedelai ini secara rutin agar jantung anda tetap terjaga kesehatannya. 

7. Pencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam kacang kedelai dapat membantu mengurangi resiko berbagai macam penyakit kanker. Sehingga sangat cocok untuk anda konsumsi agar terhindari dari penyakit kanker. Kandungan antioksidan dalam kacang kedelai juga dapat membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan sel sehat bermutasi menjadi sel kanker.

8. Diabetes melitus

Kandungan serat, vitamin B kompleks, serta kandungan asam amino yang ada didalam kacang kedelai ini mampu mengurangi resiko terkena penyakit diabetes. Kandungan serat didalamnya juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

9. Anti aging

Kacang kedelai merupakan makanan yang kaya akan serat dan antioksidannya yang sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Konsumsilah secara rutin agar anda terhindar dari penuaan dini. Namun ingat, harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat.

Efek samping kacang kedelai untuk kesehatan

Selain memberikan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan, kacang kedelai juga memiliki efek samping bagi kesehatan. Kacang kedelai mentah mengandung zat goitrogens yang dapat mengganggu aktivitas kelenjar tiroid.

Kadang kedelai juga mengandung oksalat, sehingga tidak cocok bagi anda yang memiliki masalah denga oksalat, hindari konsumsi kedelai berlebihan, karena dapat mempengaruhi pembentukan batu ginjal.

Dan juga bagi wanita yang pernah mengalami masalah tumor, harus membatasi asupan kedelai agar tidak lebih dari empat porsi per minggu. Meskipun belum ada penelitian yang akurat mengenai hal ini, namun bagi wanita yang mengalami reseptor estrogen atau tumor p*yu*ara positif harus membatasi asupan kedelai dan hindari berbagai macam suplemen kedelai.

Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Efek Samping Kacang Kedelai untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih,

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×