16 Manfaat Dan Khasiat Biji Nangka Untuk Kesehatan

16 Manfaat Dan Khasiat Biji Nangka Untuk Kesehatan

16 Manfaat Dan Khasiat Biji Nangka Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Biji Nangka Untuk Kesehatan - Buah nangka merupakan buah dengan kulit berduri seperti buah durian, dan bentuknya juga hampir mirip, hanya saja buah durian hanya bisa tumbuh didataran tinggi dan sejuk, sedangkan nangka bisa tumbuh dimana saja. Buah nangka bagi kita sendiri bukanlah buah yang asing, karena bisa bisa menjumpainya kapan saja, berbeda dengan buah durian yang hanya bisa dijumpai pada musim-musim tertentu saja.

Berbicara tentang buah nangka, biasanya setelah kita mengkonsumsi buah nangka, kita akan membuang bijinya begitu saja. Padahal biji buah nangka memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan, hanya saja tak banyak orang yang mengetahuinya. Biji buah nangka biasanya diolah kembali dengan cara direbus dan kemudian dibuat sebagai cemilan.

Biji buah nangka memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Lalu apasaja manfaat dari biji buah nangka. Berikut kami jelaskan beberapa manfaat dan khasiat biji buah nangka untuk kesehatan.

Manfaat Dan Khasiat Biji Nangka Untuk Kesehatan

1. Menangkal radikal bebas

Manfaat pertama dari biji buah nangka adalah untuk menangkal radikal bebas. Biji nangka mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Seperti yang kita ketahui, radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit. Nah dengan demikian, mengkonsumsi biji nangka dapat membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

2. Mencegah dan mengatasi masalah sembelit

Biji buah nangka juga kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Nah, dengan mengkonsumsi biji buah nangka, masalah sistem pencernaan seperti sembelit dapat diatasi dan dicegah. Dengan demikian, sistem pencernaan akan menjadi lancar dan sehat.

3. Menyehatkan mata

Biji buah nangka juga mengandung vitamin A yang hampir sama dengan yang terdapat dalam wortel. Seperti yang kita ketahui, vitamin A adalah vitamin yang dibutuhkan dan baik untuk kesehatan mata. Jadi dengan mengkonsumsi biji buah nangka secara teratur akan membuat mata menjadi sehat dan pengelihatan menjadi lebih tajam.

4. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Makanan yang kita konsumsi mengandung banyak racun, namun karena sistem kekebalan tubuh, maka racun-racun tersebut dapat diatasi. Namun ketika racun tersebut menumpuk didalam tubuh atau usus dan sistem kekebalan tubuh tidak sanggup mengatasinya, hal tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit. Namun anda tak perlu kahwatir, kita dapat mengkonsumsi biji nangka. Biji nangka dapat mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Hal ini pula yang membuat biji nangka baik untuk mencegah penyakit kanker.

5. Mencegah dan mengatasi anemia

Anemia merupakan keadaan dimana tubuh kita kekurangan sel darah merah. Nah, biji buah nangka mengandung zat besi yang cukup melimpah yang mampu memproduksi sel darah merah. Nah, dengan tercukupinya sel darah merah, akan dapat mengatasi dan mencegah masalah anemia. Hal ini juga akan membuat jantung menjadi lebih sehat.

6. Mengganti sel-sel yang telah rusak atau mati

Biji buah nangka mengandung protein yang dapat menganti sel-sel yang telah rusak atau mati. Saat tubuh mengalami luka, akan banyak sel kulit mati yang rusak, nah, dengan mengkonsumsi biji nangka, luka akan menjadi cepat sembuh, hal ini dikarenakan sel yang rusak atau mati akan cepat diganti dengan sel kulit yang baru.

7. Mengatasi stres

Stres atau beban pikiran yang berat juga dapat kita atasi dengan cara mengkonsumsi biji buah nangka. Hal ini dikarenakan biji nangka mengandung nutrien dan mikronutrien yang dapat menenangkan pikiran, dan meningkatkan mood, sehingga masalah stres dapat dengan mudah teratasi.

8. Menguatkan tulang dan gigi

Biji buah nangka juga kaya akan kandungan kalsium dan fospor yang baik sekali untuk kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Nah, dengan rajin mengkonsumsi biji nangka, kita dapat terhindar dari masalah tulang atau gigi keropos atau osteoporosis.

9. Baik untuk kesehatan kulit

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dimana biji nangka mengandung protein dan mikroprotein yang dapat menganti sel kulit mati atau rusak. Dengan demikian, mengkonsumsi biji nangka sangat baik untuk kesehatan kulit dan sangat baik untuk menyembuhkan luka pada kulit.

10. Baik untuk menu diet atau menurunkan berat badan

Biji buah nangka kaya akan kandungan serat, dengan demikian, sangat baik untuk sistem pencernaan. Tidak hanya itu saja, kandungan serat pada biji nangka juga baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Biji nangka bisa anda jadikan sebagai salah satu menu diet untuk membantu menurunkan berat badan.

11. Melancarkan aliran darah

Mengkonsumsi biji buah nangka juga dapat melancarkan sistem peredaran darah. Dengan aliran darah yang lancar dapat menghindarkan kita dari penyakit tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke dan lain sebagainya.

12. Menyehatkan jantung

Seperti yang telah dijelaskan diatas dimana biji buah nangka dapat melancarkan aliran darah dan mencegah tekanan darah tinggi, itu artinya biji buah nangka juga baik untuk kesehatan jantung. Seperti yang kita ketahui, penyebab serangan jantung adalah tekanan darah tinggi.

13. Mencegah penyakit kanker

Mengkonsumsi biji buah nangka tidak hanya dapat mencegah penyakit jantung saja, namun juga dapat mencegah penyakit kanker. Kandungan anti oksidan dan sifat yang dapat menangkal berbagai radikal bebas dapat menghindarkan kita dari penyakit kanker. Biji buah nangka akan menghambat pertumbuhan sel kanker.

14. Mengatasi kulit keriput atau penuaan

Mengkonsumsi biji buah nangka juga akan membuat kita menjadi awet muda. Kandungan antioksidan dalam biji nangka dapat melawan keriput, tidak hanya itu saja, kandungan protein pada biji nangka juga akan menganti sel kulit yang telah mati dan rusak, sehingga kulit akan tetap halus, kencang dan awet muda.

15. Mengatasi flek hitam

Protein pada biji nangka juga baik untuk mengatasi masalah flek hitam atau bintik hitam. Protein akan mengganti sel kulit mati dengan sel kulit baru. Seperti yang kita ketahui, flek hitam atau bintik hitam merupakan tumpukan sel kulit mati. Itu artinya dengan mengkonsumsi biji buah nangka, masalah flek hitam dapat diatasi. 

16. Melebatkan rambut

Bagi anda yang memiliki masalah rambut seperti rambut tipis dan membuat anda tidak percaya diri, anda tak perlu resah. Anda dapat mengatasi masalah rambut tipis dengan mengkonsumsi biji nangka. Kandungan vitamin A pada biji nangka tidak hanya baik untuk kesehatan mata, namun juga baik untuk kesehatan rambut. Vitamin A akan merangsang pertumbuhan rambut serta mengatasi masalah rambut rontok. Dengan demikian, rambut akan menjadi lebat dan cantik.

Demikianlah informasi tentang 16 Manfaat Dan Khasiat Biji Nangka Untuk Kesehatan. Kini jika anda mengkonsumsi buah nangka, jangan anda buang bijinya, namun bisa anda olah kembali sebagai cemilan yang menyehatkan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×