Manfaat serta Efek Samping Buah Durian Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat serta Efek Samping Buah Durian Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat serta Efek Samping Buah Durian Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat serta efek samping buah durian - Durian adalah salah satu buah yang memiliki kulit keras dan berlekuk-leku tajam menyerupai duri. Buah ini dikenal dengan raja dari segala buah. Aromanya yang khas dan melekat ini membuat banyak orang menyukainya, namun banyak juga orang yang tidak menyukainya karena tidak tahan dengan aromanya yang khas tersebut.

Buah durian sebenarnya memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin B, C, zat besi, tembaga, karoten, asam folat, protein, zinc, dan masih banyak lagi. Kandungah tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh juga dikonsumsi dalam takaran yang tidak berlebihan. Namun jika berlebihan tentu akan menimbulkan masalah pada kesehatan, yaitu efek samping dari buah durian itu sendiri.

Berbicara tentang buah durian, sebenarnya apa saja sih manfaat dari buah durian tersebut? Dan apa pula efek samping dari buah durian? Nah, berikut ini ada beberapa manfaat dan efek samping dari buah durian yang perlu anda ketahui:


Manfaat dan Efek Samping Buah Durian Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat buah durian 

1. Menyehatkan pencernaan

Durian mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serat tersebut sangatlah baik untuk kesehatan pencernaan. Serat yang terdapat dalam buah durian dapat membantu kerja organ pencernaan, sehingga dapat bekerja lebih optimal dan maksimal. Anda pun bisa lebih terhindari masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

2. Penangkal depresi secara lebih alami

Buah durian juga kaya akan kandungan vitamin B6 yang dapat memproduksi serotonin. Serotonin hasil produksi vitamin B6 inilah yang akan dapat menangkal depresi yang menyerang anda. Namun tetap ingat, jangan dikonsumsi secara berlebihan agar dapat bekerja lebih optimal.

3. Solusi agar tidak mudah capek

Bagi anda yang tidak ingin mudah capek, anda bisa mengkonsumsi durian secara rutin. 100 gram buah durian dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebesar 21%. Sehingga energi dalam tubuh anda akan terisi dengan maksimal. Anda pun tidak perlu takut ketika aktivitas atau pekerjaan sedang padat dan menguras tenaga.

4. Nutrisi bagi tulang dan gigi

Buah durian juga sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi anda. Kandungan vitamin B1 dan B2 dalam buah durian akan menyuplai berbeagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dan gigi.

5. Kulit lebih awet muda

Dengan memanfaatkan buah durian, anda juga dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit anda dengan lebih maksimal. Kandungan vitamin C yang terdapat didalamnya mampu menangkal berbagai macam radikal bebas yang dapat menyerang kulit serta memperlambat proses penuaan kulit tubuh maupun wajah. Cukup konsumsi secara rutin

6. Menstabilkan kadar gula darah

Buah durian juga memiliki kandungan mangan yang baik dalam berperan mengontrol kadar gula darah. Dengan mengkonsumsi buah durian secara rutin, kadar gula darah anda pun akan menjadi lebih stabil dan kembali normal pada umumnya.

7. Sulusi anemia atau kurang darah

Anda memiliki masalah dengan tekanan darah yang terlalu rendah atau anemia? Anda bisa memanfaatkan buah durian sebagai obat alaminya. Buah durian memiliki kandungan folat, tembaga, serta zat besi yang sangat baik untuk mengatasi gejala anemia atau kurang darah.

Efek samping buah durian

1. Menyebabkan kolesterol tinggi

Durian memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, sehingga akan berdampak negatif pada kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Jika sebelumnya telah memiliki riwayat kadar kolesterol tinggi, sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsi buah durian, atau sebaiknya lebih dikurangi lagi. Jika kolesterol dan asam urat tinggi, maka dapat memancing terjadinya komplikasi. Sehingga sangat fatal jika terjadi komplikasi.

2. Menyebabkan diabetes

Jika anda merupakan keturunan orang yang terkena diabetes, atau anda sendiri memiliki riwayat penyakit diabetes, maka sebaiknya hindari buah durian. Jika ingin mengkonsumsinya janganlah berlebihan. Jika berlebihan dapat memicu naiknya kadar gula darah dan menyebabkan diabetes. Penderita diabetes tidak boleh memakan buah durian lebih dari lima biji. Sebab, kandungan glukosa dalam buah durian dapat menaikkan kadar gula darah lebih cepat.

3. Menyebabkan penyakit jantung

Penyakit jantung memang sangat berbahaya jika dibiarkan saja. Penyakit jantung bisa disebabkan karena mengkonsumsi durian berlebihan. Bagi anda yang sedang menderita penyakit jantung, sebaiknya hindari buah durian. Paling tidak, jangan mengkonsumsi berlebihan. Jika mengkonsumsi durian berlebihan akan menyebabkan degup jantung cenderung kencang. Hal ini karena alkohol dan kolesterol didalamnya sangat tinggi membuat efek jantung terpacu lebih cepat.

4. Menyebabkan gagal janin

Janin yang terdapat dalam kandung tidak mampu menahan panas berlebihan. Jika wanita hamil mengkonsumsi durian, maka akan mendapai efek panas pada perut. Jika mengkonsumsi berlebihan tentu akan mendapati efek panas berlebihan dalam perut. Hal ini akan dapat memicu kematian pada janin. Rasa panas ini ditimbulkan akibat alkohol yang tinggi dalam buah durian. Alkohol ini juga ditemukan pada buah nangka, nanas, dan tape.

Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Efek Samping Buah Durian Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Buah durian tidak hanya lezat, namun juga memiliki banyak manfaat, namun bagi anda yang memiliki kolsterol tinggi atau dalam keadaan hamil, baiknya jangan mengkonsumsi durian. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.
Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×