Manfaat dan Efek Samping Pepaya Muda untuk Kesehatan

Manfaat dan Efek Samping Pepaya Muda untuk Kesehatan

Manfaat dan Efek Samping Pepaya Muda untuk Kesehatan



Manfaat dan efek samping pepaya muda untuk kesehatan - Siapa yang belum pernah makan buah pepaya? Buah yang berwarna orange ini memiliki rasa yang enak. Apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan dingin dan di waktu siang hari yang panas. Pasti sangat menyegarkan.

Berbicara tentang buah pepaya, sebenarnya bukan hanya pepaya yang sudah matang saja yang bisa dimakan. Bahkan pepaya yang masih muda pun bisa anda konsumsi, yaitu sebagai sayur atau sebagai obat alami kesehatan tubuh. Hal ini telah dibuktikan oleh banyak orang bahwa buah pepaya muda memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Manfaat dari pepaya muda itu sendiri sangatlah banyak. Anda bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan. Namun anda juga perlu ingat, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Sebab, buah pepaya muda ini juga memiliki efek samping. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat dan efek samping buah pepaya muda untuk kesehatan:

Manfaat dan Efek Samping Pepaya Muda untuk Kesehatan

Manfaat buah pepaya muda : 

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pepaya muda memiliki kandungan alami yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Baik itu buah pepaya muda maupun bijinya dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat dan tahan terhadap serangan penyakit. Hal ini karena adanya vitamin A, C, dan E. Dan jika anda ingin terhindar dari pilek, infeksi, dan batuk, konsumsilah pepaya muda secara rutin.

2. Menjaga pencernaan

Pepaya memiliki kandungan enzim papain dan chymopapain yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan terbentuknya gas dalam perut. Dengan mengkonsumsi buah pepaya muda secara rutin, maka perut akan terhindar dari kembung dan juga akan terhindar dari masalah pencernaan.

3. Menyembuhkan konstipasi

Kandungan papain yang ada dalam buah pepaya muda juga dapat membantu mengatasi konstipasi secara alami. Bahkan yang sudah matang pun tak memiliki papin sebanyak pepaya muda. Oleh sebab itu pepaya muda sangat baik untuk anda konsumsi.

4. Membersihkan usus

Pepaya muda juga memiliki kandungan yang dapat membantu membersihkan usus anda secara alami. Kandungan nutrisi dan mineral didalamnya dapat menyehatkan pencernaan. Mengkonsumsi buah pepaya muda secara rutin akan dapat membantu membersihkan usus dari zat beracun dan kotoran yang tidak diinginkan.

5. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, anda bisa mencoba manfaat dari pepaya muda ini. Mengkonsumsi pepaya muda secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan anda. Hal ini karena adanya kandungan enzim pepaya muda yang lebih tinggi dari pepaya matang. Enzim tersebut memiliki efek untuk mengurai protein, lemak, dan juga karbohidrat. Pepaya muda tersebut dapat membantu memperbaiki sistem metabolisme, sehingga pembakaran lemak menjadi lebih maksimal.

6. Mengatasi cacingan

Cacingan biasanya sering dialami oleh anak kecil. Untuk mengatasinya, anda bisa memberinya buah pepaya muda. Caranya, campurkan satu sendok makan jus pepaya muda dan madu dalam jumlah yang sama. Lalu tambahkan 3-4 sendok makan air hangat. Aduk hingga rata dan minumlah separuh dari jumlah itu untuk anak usia 7-10 tahun. Setelah dua jam berikutnya, minumlah campuran 30ml minyak kastor dalam 250ml susu hangat. Lakukan pengobatan tersebut selama dua hari.

7. Meningkatkan produksi ASI

Untuk meningkatkan produksi ASI ibu juga bisa dengan cara mengkonsumsi pepaya muda. Pepaya muda memiliki kandungan alami yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Jadi ibu tidak lagi khawatir akan kurangnya ASI untuk si buah hati.

8. Melindungi dari infeksi saluran kemih

Pepaya muda yang dikonsumsi secara rutin juga dapat membantu melindungi saluran kemih anda dari berbagai macam infeksi. Hal ini karena adanya kandungan alami yang efektif melindungi dari infeksi saluran kemih.

9. Mencegah penyakit jantung

Penyaki jantung adalah penyakit yang berbahaya. Cegahlah penyakit tersebut dari sekarang. Yaitu dengan mengkonsumsi buah pepaya muda secara rutin. Pepaya muda dapat membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh anda, sehingga akan menghindarkan anda dari penyakit jantung dan hipertensi. 

Efek samping buah pepaya muda


Buah pepaya muda tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi ibu yang sedang hamil, terutama pada masa awal kehamilan. Hal ini dikarenakan buah pepaya muda mengandung senyawa yang memiliki efek menggugurkan kandungan yang dapat melemahkan membran penting yang mempengaruhi kelangsungan hidup janin. Dan juga ingat, jangan mengkonsumsi berlebihan bagi anda yang ingin mengkonsumsinya.

Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Efek Samping Pepaya Muda untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.
Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×