Manfaat dan Efek Samping Daun Jarak untuk Kesehatan

Manfaat dan Efek Samping Daun Jarak untuk Kesehatan

Manfaat dan Efek Samping Daun Jarak untuk Kesehatan

Manfaat dan efek samping daun jarak untuk kesehatan - Menjaga kesehatan tubuh adalah sautu kewajiban bagi kita semua. Sebab, jika tubuh kita tidak terjaga kesehatannya, tentu akan mudah terserang penyakit. Jika penyakit menyerang, tentu akan membuat hidup kita menjadi susah. Maka dari itu mulai dari sekarang kita harus menjaga kesehatan kita dengan berbagai cara dan solusi yang kita bisa.

Pada dasarnya untuk menjaga kesehatan tubuh hanyalah satu, yaitu dengan cara menerapkan pola hidup sehat setiap harinya dan selamanya. Dengan pola hidup yang sehat, tentu kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Lalu bagaimana caranya menerapkan pola hidup sehat? Seperti apa pola hidup sehat itu? Yaitu dengan olahraga rutin, istirahat cukup, serta mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi.

Untuk menjaga kesehatan tubuh anda, ada salah satu daun yang dapat mempermudah anda mendapatkannya. Yaitu daun jarak. Daun jarak ini memiliki ciri batang yang mini, bulat, licin, berongga, berkuku-kuku, tumbuh berseling, dan memiliki daun yang runcing. Meskipun mini, daun ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh anda. Kandungan manfaat yang melimpah pada daun jarak mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Nah, berikut ini beberapa manfaat daun jarak untuk kesehatan:


Manfaat dan Efek Samping Daun Jarak untuk Kesehatan

Manfaat daun jarak untuk kesehatan 
 
1. Koreng, jamur, dan gatal

Anda memiliki masalah penyakit kulit seperti jamur, gatal, atau koreng? Anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan daun atau minyak jarak. Carilah minyak jarak pagar asli (biasanya tersedia di tukang urut). Lalu panaskan terlebih dulu. Kemudian celupkan kapas dan oleskan kapas tersebut pada bagian kulit yang sakit. Ingat, minyak biji jarak tidak boleh tertelan, karena mengandung racun.

2. Luka dan pendarahan

Untuk mengobati luka ataupun pendarahan, anda juga bisa menggunakan daun jarak. Cukup siapkan 2 sendok teh minyak jarak pagar, 1/4 sendok teh belerang, sejari tangan kayu secang atau cendana, 2 sendok makan vaselin. Semua bahan tersebut dipanaskan atau tumis sambil diaduk hingga merata. Dinginkan sebentar sebelum dioleskan pada luka. Jika luka baru berdarah, anda bisa langsung menghentikannya dengan getah pohon jarak pagar karena bersifat antimikroba.

3. Obat sakit gigi berlubang

Getah jarak bersifat antimikroba yang dapat membantu mengusir baktri staphylococcus, streptococcus, dan escherechia coli. Kandungan tersebut juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi sakit gigi, termasuk gigi yang berlubang. Ambilah getah jarak dengan kapas, dan tempelkan pada gigi yang sakit atau berlubang.

4. Obat sariawan

Untuk mengobati sariawan, anda cukup mematahkan tangkai dari pohon jarak yang baru dipetik. Ambil getah yang baru keluar lalu oleskan getah tersebut pada bibir anda yang sariawan. Bila getahnya belum keluar, anda bisa memencetnya sedikit di ujung tangkainya hingga keluar getah dari tangkai jarak tersebut.

5. Mengobati batuk dan mengencerkan dahak

Anda yang memiliki masalah dengan batuk, obatilah dengan menggunakan daun jarak. Baik itu batuk biasa maupun batuk yang berdahak, anda bisa mengatasinya dengan daun jarak. Siapkan akar pohon jarak dan bersihkan lalu direbus dengan air 7 gelas sampai mendidih. Air rebusan tersebut diminum di pagi dan sore hari. Ulangi sampai 3 kali rebusan baru diganti dengan akar yang baru.
 
6. Perut kembung dan masuk angin

Masuk angin atau perut kembung adalah tanda terdapatnya gas yang berlebih dalam perut anda. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan khasiat daun jarak. Ambilah beberapa lembar daun jarak pagar yang tuda. Lalu disiangi diatas nyala api biar sedikit layu dan dioleskan minyak kelapa, minyak telon atau kayu putih. Kemudian tempelkan pada bagian perut dan pinggang. Biarkanlah beberapa jam. Biasnya akan terjadi pembuangan gas yang membuat perut anda lebih lega.

7. Susah BAB

Sulit buang air besar memang sangatlah mengganggu kenyamanan. Namun anda bisa mengatasinya dengan daun jarak. Siapkan 4 helai daun jarak pagar dan cucilah hingga bersih. Kemudian kukuslah daun tersebut hingga layu. Makanlah daun jarak yang sudah di kukus tersebut. Lakukan selama 7 hari berturut-turut atau sampai BAB anda lancar kembali.

8. Menurunkan panas

Daun jarak juga dapat membantu menurunkan suhu panas dalam tubuh anda. Jika anda mengalami panas dalam atau demam atau sebagainya. Anda dapat memanfaatkan daun jarak. Siapkan 2-3 lembar daun jarak yang masih segar dan bersihkanlah. Olesi daun jarak dengan minyak. Panaskan diatas kompor selama 2 menit. Lalu tempelkan pada perut. Anda juga bisa melakukan pada bayi anda. Tinggal tempelkan daun yang sudah dipanaskan tersebut pada perut atau bisa dipasangkan pada gurita bayi.
 
9. Mengobati rematik

Anda juga bisa mengobati penyakit rematik dengan menggunakan daun jarak. Siapkan 5-8 lembar daun jarak, tumbuk hingga halus, kemudian campurkan dengan air hangat sedikit saja. Lalu oleskan pada lokasi rematik atau masalah kulit seperti exim. Lakukan 3 kali dalam sehari hingga rematik menghilang dan terasa lebih nyaman.

Efek samping daun jarak untuk kesehatan

Selain memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda, daun jarak juga memiliki efek samping yang juga tidak baik untuk kesehatan. Daun jarak atau minyak jarak dapat menyebabkan sembelit, pencernaan yang tidak nyaman, diare, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan daun atau minyak jarak dipecah oleh usus yang menjadi asam risinoleat dan bertindak sebagai iritan ke lapisan usus. Jika anda menderita kram, iritasi usus, wasir, maag, radang usus, prolapses, atau baru saja menjalani operasi sebaiknya tidak menggunakan daun atau minyak jarak sebagai obat. Karena akan menimbulkan efek samping.
Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×