11 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

11 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

11 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

Manfaat daun sukun untuk kesehatan - Sukun adalah salah satu buah yang biasa dimasak menjadi berbagai macam sajian. Masakan dari buah sukun yang paling popular adalah sukun goreng atau sukun rebus. Sukun memiliki tekstur yang lembut, memiliki rasa yang manis, dan juga mengenyangkan saat dimakan. Itulah yang membuat banyak orang menyukai masakan atau olahan sukun.

Berbicara tentang sukun, tahukah anda kalau ternyata sukun yang dimanfaatkan bukan hanya buahnya saja? Ternyata daunnya pun dapat kita manfaatkan untuk dunia kesehatan. Daun buah sukun memiliki kandungan alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan dengan daun sukun, anda pun dapat mencegah dan menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan.

Salah satu manfaat dari daun sukun adalah dapat mengobati alergi. Jika anda memiliki masalah dengan alergi, anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan daun sukun. Selain itu, berikut ini beberapa manfaat daun sukun untuk kesehatan tubuh:

11 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

1. Mengobati alergi

Alergi adalah salah satu masalah gangguan kesehatan yang menyebabkan tubuh kita terasa gatal-gatal saat berinteraksi dengan suatu hal yang tidak cocok dengan kia. Alergi disebabkan karena tubuh tidak bisa membentuk hormon dan enzim yang membuat sistem anti alergen untuk tubuh. Akibatnya, tubuh mengalami beberapa kegagalan sistem dalam membuat kekebalan pada zat tertentu. Namun anda bisa mengatasinya secara perlahan dengan mengkonsumsi daun sukun kering. 

2. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi memang telah menjadi salah satu keluhan yang umum. Rasa sakit akan menyerang ketika ada banyak bakteri dan kuman yang menumpuk pada lubang gigi. Namun anda dapat mengobatinya dengan daun sukun kering. Daun sukun kering akan bekerja sebagai anti racun yang akan membunuh semua kuman dan bakteri pada lubang gigi. Berkumurlah dengan teh dari rebusan daun sukun kering. Teh rebusan tersebut akan memberikan efek menenangkan saraf gigi yang sakit. Sehingga rasa sakit akan sedikit reda.

3. Mencegah inflamasi dan peradangan

Daun sukun juga memiliki sifat anti inflamasi dan anti peradangan. Sehingga dapat membantu mencegah inflamasi dan peradangan dalam tubuh anda. Untuk memanfaatkannya, sediakan 1 lembar daun sukun yang sudah tua, lalu cuci daun sukun tersebut sampai bersih. Kemudian rebus daun sukun dengan menggunakan 5 gelas air. Setelah mendidih, silahkan tambahkan kembali air, saring air daun sukun tersebut dan siap untuk diminum langsung, minum lah dengan rutin agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

4. Menurunkan kadar gula darah

Sukun juga termasuk salah satu jenis tanaman yang dapat membantu menrunkan kadar gula darah. Daun sukun memiliki efek insulin, sehingga dapat menurunkan gula darah dengan baik. Hasil riset Puspa DN Lotulung, Sofa Fajriah, Andini Sundowo, dan Euis Filaila dari Pusat Penelitian Kimia LIPI menujukkan bahwa senyawa flavonoid daun sukun yang berhasil diisolasi, yaitu 8-gerany l-4,5,7-trihydroxyflavone bersifat sebagai anti diabetes yang kuat. Manfaatkanlah daun sukun untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh anda.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Selain menurunkan kadar gula darah, daun sukun juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol biasanya didapatkan dari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan jenis lemak trans. Kolesterol tidak akan bisa digunakan oleh tubuh dan akan menumpuk dalam darah. Efek jangka panjang dapat menyebabkan penyakit jantung dan serangan stroke. Konsumsilah daun sukun untuk membantu menurnkan kadar kolesterol tubuh.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Jika anda memiliki masalah dengan tekanan darah anda yang selalu meningkat, anda dapat memanfaatkan daun sukun. Daun sukun juga efektif sebagai penurun hipertensi. Caranya dengan minum air rebusan daun sukun yang berwarna kuning. Sifat farmakologi ini terkait adanya quercetin, phenol, dan champorol yang ada di dalam daun ini. Dengan memanfaatkan daun sukun yang direbus dengan air, anda dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

7. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Penyakit ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti komplikasi dari stroke, diabetes atau gagal ginjal. Selain itu pola metabolisme tubuh yang buruk juga bisa menyebabkan pembentukan plak dalam pembuluh darah, pengerasan pembuluh darah, dan berbagai kelainan jantung lainnya. Namun anda tetap dapat menyembuhkan secara perlahan dan menurunkan risiko penyakit jantung dengan rutin melakukan terapi menggunakan air teh daun sukun. Dengan terapi rutin tersebut akan membuat pembuluh darah anda menjadi lebih baik.

8. Menangkal pembentukan sel kanker

Kanker juga termasuk penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Kanker bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun penyebab dasarnya adalah karena rusaknya sel-sel sehat dalam tubuh yang dilakukan oleh berbagai jenis zat radikal bebas. Akibatnya, sel-sel yang sehat bermutasi menjadi sel kanker. Sel kanker bisa muncul di semua jenis organ tubuh manusia. Untuk menurunkan risiko kanker dan menyembuhkan kanker, anda bisa mencoba merebus daun sukun kering. Cara ini bisa dijadikan pengganti kemoterapi. Kandungan antioksidan yang terdapat didalamnya mampu menyembuhkan dan mencegah kanker.

9. Mengobati penyakit lever

Daun sukun juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati penyakit lever maupun mencegah penyakit lever tersebut. Caranya, ambil daun sukun yang sudah tua dan cucilah sampai bersih. Setelah itu, rebus dengan air secukupnya sampai berwarna merah tua. Tunggu hingga dingin, lalu minumlah air rebusan daun sukun dua kali dalam sehari, yaitu di pagi dan sore hari sebanyak satu gelas sekali minum. Lakukanlah secara rutin agar terhindar dari penyakit lever.

10. Baik untuk kesehatan ginjal

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kesehatan ginjal anda. Anda dapat memanfaatkan daun sukun untuk mengatasinya. Daun sukun memiliki manfaat baik untuk kesehatan ginjal. Meminum rebusan daun secara teratur dapat membantu menyembuhkan sakit ginjal. Kuncinya adalah disiplin dalam mengkonsumsi ramuan herbal daun sukun setiap hari. Jangan lupa untuk memilih daun terbaik yaitu segar, tidak berlubang, serta bersih dari kotoran. Dengan demikian, kesehatan ginjal akan lebih terjaga dengan baik.

11. Berguna untuk mengobati asam urat

Untuk memanfaatkan daun sukun sebagai obat asam urat, anda perlu memilih daun sukun yang masih segar yang tidak berlubang dan masih mulus. Bersihkan daun tersebut menggunakan kain jika permukaannya kotor. Cuci daun tersebut kemudian potong-potong lalu keringkan dengan cara dijemur atau diangin-anginkan. Manfaat daun sukun kering ini bisa menyembuhkan penyakit asam urat yang anda alami. Cukup menyeduh 15 gram daun sukun kering bersama segenggam daun greges otot lalu saring airnya. Setelah dingin, tambahkan madu alami atau gula batu sebagai pemanis ramuan. Minumlah obat tersebut selama 10 hari, yaitu dua kali dalam sehari.

Demikianlah informasi tentang 11 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×