10 Manfaat Merica atau Lada untuk Kesehatan

10 Manfaat Merica atau Lada untuk Kesehatan

10 Manfaat Merica atau Lada untuk Kesehatan

Manfaat merica atau lada untuk kesehatan - Merica atau lada adalah salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan dari dulu hingga saat ini, lada masih menjadi perhatian dunia medis internasional akan manfaatnya untuk kesehatan. Beruntung bagi negara Indonesia yang telah menjadi daerah produksi lada putih terbesar, yaitu tepatnya di pulau Bangka Belitung.

Merica atau lada memiliki kandungan alami yang sangat bermanfaat dalam dunia kesehatan. Bahkan bagi anda yang sedang menjalankan program diet atau sedang menurunkan berat badan, anda bisa memanfaatkan merica atau lada ini untuk membantu melancarkan proses penurunan berat badan anda. Selain itu, merica atau lada ini sudah banyak digunakan dalam dunia kesehatan, yaitu sebagai obat dalam maupun luar. Anda bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan.

Lalu, apa saja manfaat dari merica atau lada ini? Berbicara tentang manfaatnya sangatlah melimpah. Mungkin banyak yang belum mengetahui akan manfaat dari merica atau lada ini. Agar bisa memanfaatkannya dengan baik dan benar, berikut ini beberapa manfaat merica atau lada untuk kesehatan:

Manfaat Merica atau Lada untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan sakit kepala

Lada putih memiliki kandungan alami yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada kepala anda. Rasa sakit pada kepala terjadi ketika neuropeptida yang merupakan zat perngirim rasa sakit ke otak. Namun, capsaicin yang terdapat dalam lada putih dapat membantu menghalangi transmisi ini, sehingga dapat mengurangi gejala rasa sakit kepala.

2. Mengobati batuk

Jika anda mengalami batuk-batuk, anda bisa mengatasi atau mengobatinya dengan memanfaatkan lada putih. Buatlah campuran antara bubuk lada putih dengan sedikit madu. Kombinasi kedua bahan tersebut dapat menghasilkan sifat antibiotik dan menghasilkan rasa panas. Sehingga dapat membantu mengurangi batuk.

3. Mengurangi hidung tersumbat

Seperti halnya lada hitam, lada putih juga menghasilkan rasa panas juga juga dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Lada putih ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat melawan infeksi pada saluran hidung. Lada putih tersebut akan dapat membersihkan saluran udara, sehingga hindung dapat bernafas dengan benar dan lega.

4. Mengobati sakit gigi

Bagi anda yang sering mengalami sakit gigi atau yang sedang mengalami sakit gigi, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan lada atau merica. Lada putih ini memiliki kandungan alami yang telah dikenal mampu mengobati sakit gigi. Anda bisa mengkombinasikan lada dengan bahan seperti minyak cengkeh atau garam meja.

5. Mencegah perut kembung

Lada putih diketahui memiliki sifat karminatif yang dapat membantu mencegah pembentukan gas dalam usus. Lada mampu meningkatkan sekresi asam klorida dan membantu agar pencernaan lebih efektif. Manfaatkanlah lada putih ini untuk mengobati ataupu mencegah perut kembung.

6. Meningkatkan pencernaan

Lada putih juga juga memiliki keunikan lain, yaitu dapat membantu merangsang selera makan dan mengirim sinyal ke lambung untuk mensekresi asam klorida, yaitu asam penting untuk pencernaan makanan. Manfaatkanlah lada putih ini dengan baik agar pencernaan anda bisa lebih lancar dan tidak mengalami gangguan.

7. Menurunkan berat badan

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa lada putih juga dapat membantu menurunkan berat badan. Jadi sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Lada putih dapat membantu membakar lemak dalam tubuh sehingga sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Anda bisa memanfaatkan lada putih ini untuk menrunkan berat badan.

8. Mengontrol tekanan darah

Kandungan flavonoid yang tinggi dalam lada putih sangatlah baik untuk kesehatan. Selain itu kandungan vitamin A dan C didalamnya juga dapat membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh. Jika anda memiliki masalah pada tekanan darah yang tidak bisa terkontrol dengan baik, anda bisa memanfaatkan lada putih untuk menstabilkan tekanan darah.

9. Lada putih dan kesehatan jantung

Lada putih jika dikonsumsi juga dapat menyebabkan seseorang berkeringat banyak, sehingga akan mengeluarkan banyak cairan dari dalam tubuh. Terlalu banyak cairan dalam tubuh terutama disekitar jantung dapat membebani jantung dan bahkan kesulitan bernafas karena adanya tekanan berlebih pada paru-paru. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan lada putih. Lada putih yang dikonsumsi dapat membantu mengeluarkan cairan yang berlebih.

10. Mengobati kanker

Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya. Jika dibiarkan saja akan dapat membahayakan nyawa. Berdasarkan penelitian di University of Nottingham Amerika pada Association of Cancer Research, Capsaicin yang terdapat dalam lada putih dapat membantu membunuh beberapa sel kanker. Hal ini dapat membantu dalam penyembuhan kanker prostat. Namun akan lebih baik konsultasi dokter terlebih dahulu.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Merica atau Lada untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×