Cara Alami Mengatasi Masalah Rambut Bercabang

Cara Alami Mengatasi Masalah Rambut Bercabang

Cara Alami Mengatasi Masalah Rambut Bercabang

Cara alami mengatasi masalah rambut bercabang - Rambut yang bercabang memang sangat mengganggu penampilan. Selain memiliki bentuk yang tidak beraturan, rambut bercabang juga sering kali rontok. Sehingga kita pun menjadi tidak percaya diri saat bersama dengan orang lain.

Lantas, bagaimana cara mengatasi rambut yang bercabang? Untuk mengatasinya, sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Dan yang paling penting adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat, yaitu dengan olahraga rutin, mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi, istirahat cukup, serta rutin melakukan perawatan rambut. Melakukan perawatan rambut tidak harus pergi ke salon dan mengeluarkan banyak biaya. Anda hanya perlu melakukan perawatan rambut dengan bahan-bahan alami.

Perawatan menggunakan bahan alami seperti buah dan sayuran sangatlah efektif untuk kesehatan rambut. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah rambut bercabang:


Cara Alami Mengatasi Masalah Rambut Bercabang

1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh saja, tapi juga kesehatan rambut anda. Melakukan perawatan menggunakan minyak zaitun dapat membantu mengatasi masalah rambut bercabang. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun ke permukaan kulit kepala anda. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air bersih beserta shampoo. Lakukanlah 2 kali seminggu agar mendapat hasil maksimal.

2. Menggunakan cuka apel

Bagi anda yang memiliki masalah rambut bercabang, anda juga bisa memanfaatkan cuka apel untuk mengatasinya. Cara membuatnya adalah ambillah 1/2 cangkir cuka apel dan minyak gandum sebanyak satu sendok makan. Lalu campurkan kedua bahan itu dan aduk secara merata, tambahkan sedikit air. Pada saat rambut anda masih basah, oleskan campuran kedua bahan tadi. Tunggu selama kira-kira 10 menit. Cuci rambut anda dengan hanya menggunakan air hingga benar-benar bersih.

3. Menggunakan telur

Telur juga dapat mengatasi rambut bercabang secara alami. Caranya yakni ambil kuning telur dan campurkan 2 sendok minyak zaitun dan 1 sendok madu. Oleskan campuran tadi pada rambut anda, lsertakan pijatan pada kulit kepala anda. Biarkan selama 40 menit agar telur benar-benar meresap ke dalam rambut dan kulit kepala anda. Lalu bilas dengan air bersih.

4. Campuran minyak zaitun, madu dan telur

Anda juga bisa mengatasi rambut bercabang dengan campuran minyak zaitun, madu, dan telur. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 kuning telur, 1 sendok makan madu, dan 3 sendok makan minyak zaitun. Setelah benar-benar tercampur rata kemudian aplikasikan pada kulit kapala anda secara merata beserta pijat secara perlahan. Setelah itu bungkus rambut anda menggunakan penutup rambut selama 40 menit. Kemudian bersihkan rambut anda dengan air.

5. Campuran alpukat dan minyak zaitun

Alpukat juga termasuk buah yang baik untuk kesehatan rambut. Untuk memanfaatkannya, cukup dengan menghaluskan 1 buah alpukat, kemudian campurkan dengan minyak zaitun sebanyak 1/2 sendok teh. Setelah tercampur rata langkah selanjutnya yakni membalurkan campuran tersebut pada rambut anda dan diamkan selama 30 menit. Bilas rambut anda dengan bersih. Namun sebelum menerapkan cara ini bahasi dulu rambut anda.

6. Pepaya dan yoghurt

Pepaya dan yoghurt juga termasuk bahan alami yang dapat berperan penting dalam kesehatan rambut. Cukup efektif mengatasi rambut bercabang. Haluskan buah pepaya secukupnya, setelah itu campurkan dengan minyak zaitun sampai tercampur rata. Balurkan campuran kedua bahan alami tersebut pada kulit kepala serta rambut anda. Biarkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

7. Campuran yoghurt, madu, dan lemon

Anda juga bisa memanfaatkan campuran bahan alami seperti 2 sendok makan madu, 2 sendok makan yoghurt, dan perasan lemon. Setelah itu campurkan semua bahan tersebut sampai benar-benar tercampur rata. Oleskan pada kulit kepala serta rambut anda secara merata. Tunggu selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

8. Gunakan serum atau spray pelindung panas

Jika anda sering keluar ruangan, anda perlu memakai pelindung agar rambut anda tetap terjaga kesehatannya. Sinar matahari dapat membuat rambut mudah rusak dan bercabang. Untuk melindunginya, kamu bisa memakai serum atau spray pelindung panas. Bukan hanya ketika keluar ruangan, tapi hal ini juga berlaku saat anda akan menggunakan alat penata rambut. Dengan demikian, rambut tidak akan mudah rusak meskipun terpapar panas sinar matahari atau panas penata rambut.

Hal yang perlu dihindari

1. Hindari pemakaian alat styling rambut

Seperti penjelasan diatas, memang jika anda ingin menggunakan alat styling rambut, anda harus menggunakan pelindung. Namun, alangkah lebih baik hindarilah pemakaian alat styling rambut agar rambut anda tetap terjaga kesehatannya. Hindari catok, alat pengering, dan juga hindari aktivitas rebonding. Sebab, dapat memicu kerusakan pada rambut.

2. Jangan basahi rambut dengan air hangat

Anda pernah membasahi rambut dengan air hangat, atau malah sering? Air hangat ternyata dapat menghilangkan minyak alami rambut sehingga dapat merusak kelembaban rambut. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan membasahi rambut dengan air hangat. Apabila anda ingin mandi dengan air hangat pastikan jangan sampai terkena rambut.

3. Bahan kimia

Tahukah anda?, ternyata penyebab rambut bercabang terbesar sebenarnya berasal dari paparan bahan kimia. Seperti bahan kimia pada shampo. Sebaiknya hindari shampo berbahan kimia petrolatum dan minyak mineral. Bahan kimia dalam shampo tersebut dapat mencegah kelembaban rambut. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan shampo yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami. Shampo menggunakan bahan alami akan lebih efektif menyehatkan rambut dan menghindarkan dari kerusakan.

4. Hindari mengikat atau menyisir rambut terlalu sering

Anda sering mengikat atau menyisir rambut anda? Sebaiknya jangan terlalu sering melakukan hal ini. Sebab, menyisir rambut terlalu sering dapat mempercepat kerusakan rambut. Hal ini dapat terjadi karena adanya gesekan rambut secara berlebihan dengan sisir maupun ikat rambut yang anda gunakan tersebut.

5. Hindari menggunakan alat panas

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa alat panas dapat merusak rambut. Seperti alat pengering rambut, catok, dan sebagainya. Memang menata rambut agar sesuai dengan keinginan tidak akan terlepas dari penggunaan alat-alat seperti blow drying, alat catok, dan alat pengeriting rambut. Sesekali menata rambut dengan menggunakan alat tersebut mungkin tidak masalah, tapi sebaiknya jangan terlalu berlebihan menggunakannya.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Mengatasi Masalah Rambut Bercabang. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×