16 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan dan Kecantikan

16 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan dan Kecantikan

16 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan - Buah pir adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kandungan air yang melimpah didalamnya membuat buah yang satu ini sangat cocok untuk mempertahankan kelembaban kulit tubuh anda serta menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Berbicara tentang buah pir, memang buah yang satu ini sangat disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang menyegarkan dan sedikit asam manis, buah pir ini juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan, baik untuk dikonsumsi maupun untuk perawatan sebagai masker. Bahkan tak sedikit produk yang menggunakan buah pir sebagai bahan perawatan.

Lalu, sebenarnya apa saja manfaat buah pir ini untuk kesehatan dan kecantikan? Agar anda bisa lebih suka lagi dengan pir dan lebih bisa memanfaatkan buah pir, berikut ini beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan:

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Anti radikal bebas

Buah pir mengandung vitamin C, vitamin K, dan tembaga yang sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas ini jika dibiarkan masuk maka akan dapat menyerang dan merusak sel-sel tubuh. Oleh sebab itu tubuh kita harus diberi penangkal, yaitu buah pir. Konsumsilah buah pir secara teratur.

2. Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam buah pir juga dapat membantu menghilangkan efek radikal bebas yang menumpuk dalam tubuh dari sisa metabolisme. Senyawa antoksidan dalam buah pir seperti vitamin C, A, dan senyawa flavonoid seperti beta karoten, lutein, dan za xenthin ini akan membantu membersihkan tubuh anda dari senyawa racun yang berbahaya.

3. Sistem kekebalan

Sifat antioksidan dan kandungan vitamin C dalam buah pir juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan tersebut akan merangsang produksi dan aktifitas sel darah putih. Bahkan buah pir ini disarankan bagi penderita flu, pileg, dan sebagainya, karena dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan semacam yang telah disebutkan.

4. Melancarkan pencernaan

Buah pir juga mengandung serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan anda. Dalam satu buah pir mengandung 5, 5 gram serat. Sangat cocok bagi anda untuk membantu menyerap vitamin dan mineral dari makanan. Sehingga dapat membantu mencegah dan meringankan sembelit serta dapat mencegah penyakit wasir. Sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

5. Mengembalikan stamina tubuh

Dengan mengkonsumsi buah pir secara rutin, stamina dalam tubuh anda juga akan lebih cepat dan lebih mudah meningkat. Kandungan vitamin C dalam buah pir yang cukup tinggi ini bermanfaat mengembalikan stamina tubuh yang hilang akibat aktivitas seharian.

6. Mencegah osteoporosis

Untuk menjaga dan mencegah tulang anda dari keropos atau osteoporosis, anda juga bisa melakukannya dengan rutin mengkonsumsi buah pir. Buah pir kaya akan boron yang dapat membantu menyerap kalsium yang dikonsumsi dari berbagai macam makananan dan minuman seperti susu.

7. Untuk menyapih anak

Jika anda ingin menyapih anak, disarankan untuk memberikan mereka buah-buahan seperti pir karena alergen dan tingkat keasamannya yang rendah, sehingga tidak menimbulkan pencernaan dalam tubuh. Anda bisa mengolahnya dengan cara buah pir dikupas, dipanaskan, dan kemudian dibuat bubur. Tapi jika anak sedang menderita diare, jangan diberikan pir.

8. Menjaga kadar gula darah

Kadar gula darah yang selalu meningkat atau menurun drastis bisa menyebabkan tubuh anda menjadi bermasalah. Anda bisa mengatur kadar gula darah anda dengan cara rutin mengkonsumsi buah pir. Meskipun sedikit manis, namun buah pir ini memiliki indeks gliserin yang rendah dan tinggi serat. Sehingga dapat membantu mengendalikan kadar gula dara dengn mencegah penyakit diabetes. 

9. Menyembuhkan luka

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah pir dapat membantu menyembuhkan luka pada tubuh anda. Metabolisme dalam tubuh akan menjadi lebih lancar, dan fungsi organ bisa bekerja dengan baik. Serta penyembuhan luka akan dipercepat dengan kandungan tinggi asam askorbat (vitamin C), seperti luka kecil, besar, dan kerusakan jaringan oleh penyakit. Hal ini juga dapat membantu memperbaiki pembuluh darah yang rusak yang mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dan juga mencegah penyakit jantung tertentu. Tapi ingat, tidak bisa menyembuhkan penyakit hati lho ya. hehe.

10. Meningkatkan sirkulasi darah

Bagi anda yang menderita penyakit anemia, buah pir sangat cocok untuk anda konsumsi setiap harinya. Kandungan tembaga, dan besi yang ada didalam buah pir dapat membantu meningkatkan penyerapan mineral serta meningkatkan pembentukan sel darah merah. Konsumsilah secara rutin agar sirkulasi dari bisa lebih meningkat dan terhindar dari anemia.

11. Menurunkan kolesterol jahat

Kolesterol jahat memang sangat merugikan tubuh. Anda bisa memerangi dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda dengan rutin mengkonsumsi buah pir. Buah pir mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh anda.

12. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mengerikan. Meskipun begitu, penyakit jantung bukan berarti tidak bisa disembuhkan. Anda bisa mempermudah penyembuhan dengan rutin mengkonsumsi buah pir. Kandungan serat dalam pir dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga perlindungan tubuh dari penyakit jantung menjadi lebih kuat. 

13. Mencegah stroke

Selain stroke, buah pir juga dapat anda manfaatkan untuk mencegah penyakit stroke. Mengkonsumsi buah pir setiap harinya dapat memungkinkan tubuh mencegah terjadinya stroke sebanyak 52%. Hal itu berdasarkan artikel tahun 2011 oleh American Heart Association. Bahkan di artikel 2007 oleh American Journal of Clinical Nuytrition mencatan bahwa pir mengandung plavonoid yang dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit yang berkaitan dengan jantung.

14. Mengatasi kulit berminyak

Selain untuk kesehatan, disisi lain, pir juga memiliki manfaat untuk kecantikan, salah satunya dapat mengatasi masalah kulit berminyak. Cukup hancurkan pir, gunakan sebagai krim dengan madu. Aplikasikan pada kulit wajah anda 3 kali dalam seminggu sebagai masker wajah. Sekresi kelenjar minyak dalam kulit akan lebih berkurang.

15. Melembabkan kulit

Kulit anda juga bisa lebih lembab dengan perawatan menggunakan buah pir. Pir memiliki kandungan humektan alami yang dapat membantu menyeimbangkan kandungan air yang normal pada kulit, serta mempertahankan kelembaban alaminya. Manfaatkanlah buah pir dengan baik agar kelembaban kulit anda bisa terjaga dengan baik.

16. Mengatasi jerawat

Anda jua bisa mengatasi jerawat yang mengganggu pada kulit anda dengan memanfaatkan buah pir. Kandungan vitamin, mineral, dan kandungan alami lainnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih kuat secara intrnal. Akibatnya, kulit menjadi lebih mampu melawan jerawat dan semua jenis infeksi kulit dari dalam.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×