14 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Kita Ketahui

14 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Kita Ketahui

14 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Kita Ketahui

Penyebab rambut rontok yang wajib kita ketahui - Anda pernah mengalami kerontokan pada rambut? Seberapa seringkah anda mengalami kerontokan rambut? Pada normalnya kerontokan rambut yang terjadi setiap harinya adalah kisaran 50-100 helai rambut. Jika dirata-rata, manusia memiliki sekitar 10.000 helai rambut. 90% sedang dalam fase pertumbuhan, dan 10% fase istirahat. Rambut yang sedang dalam fase istirahat tersebut bisa mengalami kerontokan sekitar 50-100 helai per hari. Dan itu merupakan hal yang normal.

Kerontokan yang terjadi pada rambut seseorang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Dan yang paling umum adalah karena faktor usia dan karena kurangnya perawatan rambut, sehingga rambut menjadi lebih mudah rontok. Perawatan yang dimaksud bukan hanya perawatan dari luar, tapi juga dari dalam, seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan zat gizi yang mendukung pertumbuhan rambut dan memperkuat rambut. Kurangnya perawatan rambut dapat membuat rambut menjadi kusut dan bahkan kering, sehingga helai per helai ramnbut mudah sekali putus.

Lalu bagaimana cara mengatasinya, yaitu dengan melakukan perawatan rutin baik dari luar maupun dari dalam. Selain beberapa penyebab yang sering terjadi pada umumnya diatas, ada juga penyebab lainnya yang perlu anda ketahui. Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok:

Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Kita Ketahui

1. Kurang nutrisi

Kurangnya nutrisi pada tubuh kita memang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Tubuh yang kurang nutrisi akan membuat rambut menjadi kering dan tidak terawat. Alhasil, rambut menjadi mudah rontok. Jika hal ini dibiarkan dapat menyebabkan kebotakan. Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan dan sayuran.

2. Rambut kering

Faktor penyebab rambut rontok juga bisa disebabkan karena rambut yang terlalu kering. Rambut yang kering akan mudah rapuh dan mudah rontok. Seperti yang telah dijelaskan diatas, keringnya rambut ini bisa saja karena kurangnya perawatan, karena terlalu lama dibawah sinar matahari, kurang nutrisi, dan lain sebagainya.

3. Hormon

Hormon juga berperan sangat penting pada pertumbuhan rambut. Jika rambut anda mudah rontok, mungkin saja terjadi perubahan hormon yang bisa memberikan dampak pada kesehatan rambut. Naik atau turunnya hormon inilah yang menjadi penyebab rambut rontok, bahkan sampai parah. Hal ini sering terjadi pada wanita.

4. Terlalu sering mencuci rambut

Memang mencuci rambut itu sangat penting agar rambut tetap terjaga kebersihannya. Mencuci rambut paling tidak 3 kali dalam sehari. Namun jika berlebihan mencuci rambut malah akan membuat rambut anda menjadi rusak dan mudah rontok. Cucilah secara rutin namun jangan berlebihan.

5. Stres

Banyaknya masalah dan tekanan hidup yang menjadi beban pikiran membuat seseorang menjadi mudah stres. Tahukah anda kalau ternyata stres dapat menyebabkan rambut rontok? Ya, stres ini bukan hanya berdampak pada mental saja, namun juga pada fisik. Stres akan menyebabkan syaraf-syaraf pada tubuh menjadi tegang yang akan menyebabkan terganggunya kesehatan tubuh.

6. Efek samping obat

Terlalu berlebihan mengkonsumsi obat-obatan memang tidak baik untuk kesehatan. Sebab, efek samping dari obat-obatan ini akan menyebabkan gangguan kesehatan, salah satunya adalah gangguan pada rambut. Rambut akan semakin menipis, kering, dan mudah rontok.

7. Penyakit anemia

Apakah anda memiliki riwayat penyakit anemia? Jika iya, maka segeralah untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Sebab jika dibiarkan dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya. Dan penyakit anemia ini juga dapat berdampak buruk pada kesehatan rambut. Rambut akan mudah rontok dan rusak.

8. Berenang

Berenang memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan berenang juga mampu membentuk otot tubuh anda. Namun ingat, jika berenang terlalu lama atau terlalu berlebihan dapat menyebabkan terganggunya kesehatan anda. Bukan hanya penyakit demam atau flu saja, tapi juga dapat menyebabkan rambut anda rusak akibat bahan kimia yang terdapat pada air kolam renang. 

9. Sinar matahari serta polusi

Ketika anda keluar dari ruangan, biasakan untuk menggunakan pelindung kepala. Sebab, paparan langsung sinar matahari dan polusi udara dengan rambut anda akan membuat rambut menjadi lebih cepat kusut, kusam, kering, dan rusak. Bahkan rambut anda akan lebih mudah rontok. 

10. Ikat rambut

Jangan sesekali anda mengikat rambut anda saat dalam keadaan basah. Sebab, hal ini bisa menyebabkan rambut anda mudah rusak. Dan ingat, mengikat rambut terlalu lama bisa menyebabkan rambut anda mudah rontok. Serta yang perlu anda ingat satu lagi adalah, jangan mengikat rambut ketika tidur. Mengikat rambut teralu lama akan membuat rambut sulit bernafas atau mendapat oksigen yang membuat rambut mudah rusak.

11. Penyakit tertentu

Ada beberapa jenis penyakit yang memang bisa menyebabkan rambut rontok cukup parah. Penyakit kronis itu diantaranya adalah lupus, diabetes, dan hingga kanker. Penyakit tersebut dapat menyebabkan rambut rontok bahkan hingga mencapai kebotakan tanpa rambut. Oleh sebab itu sangat penting bagi anda menjaga kesehatan tubuh agar tidak terserang penyakit tersebut.

12. Kehamilan

Bagi wanita yang sedang hamil, kerontokan rambut memang menjadi suatu hal yang tidak asing dialami. Sebab, setelah melahirkan biasanya wanita mengalami kerontokan rambut. Kerontokan tersebut akan pulih kembali setelah 3 bulan kedepan pasca melahirkan.

13. Rokok

Salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan terganggunya kesehatan adalah kebiasaan merokok. Ya, seperti yang telah dijelaskan yang tertara pada bungkus rokok, bahwa merokok dapat menyebabkan gangguan penyakit kanker, paru-paru, gangguan kehamilan, dan lain sebagainya. Sebenarnya bukan hanya itu saja, merokok juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan pada asap rokok ini dapat merusak suplai darah ke folikel rambut.

14. Infeksi

Jika anda mengalami infeksi pada bagian kulit kepala anda, hal itu mungkin bisa menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut. Solusi terbaik untuk mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan antijamur kerontokan rambut. Hal ini ditujukan agar kerontokan tidak semakin parah.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Kita Ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×