12 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

12 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

12 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh - Buah srikaya adalah buah yang memiliki nama latin Annona Squamosa. Jika bahasa sehari-hari, buah srikaya biasa disebut dengan buah mona atau nona. Buah ini berasal dari daerah yang beriklim tropis, sehingga sangat mudah untuk ditemui di wilayah Indonesia.

Buah srikaya memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, buah yang satu ini telah banyak digunakan oleh orang terdahulu, yaitu dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Buah srikaya ini juga dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit. Buah srikaya memiliki kandungan asam amino, gula buah, mucilago, potassium, magnesium, niasin. Sedangkan buah yang masih berusia muda menganding tanin.

Berbicara tentang manfaat buah srikaya, ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari buah yang satu ini. Salah satunya adalah dapat membantu sistem pencernaan kita agar menjadi lebih lancar. Selain itu, berikut ini beberapa manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh:

Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

1. Sangat baik untuk pencernaan

Buah srikaya memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan tersebut sangat baik untuk dikonsumsi bagi para penderita konstipasi. Karena serat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh. Sehingga pencernaan menjadi lebih baik dan lebih lancar. Anda tidak perlu khawatir akan mengalami gangguan pencernaan jika rutin mengkonsumsi buah srikaya.

2. Menambah berat badan

Bagi anda yang ingin menambah berat badan, buah yang satu ini sangatlah membantu. Anda hanya perlu mengkonsumsi buah srikaya secara rutin agar dapat meningkatkan berat badan anda secara alami dan tidak menimbulkan efek negatif. Tentunya harus dikonsumsi secara rutin.

3. Mengobati anemia

Selain memiliki kandungan zat besi, buah srikaya juga dapat berfungsi sebagai stimulan, haemantic, dan juga ekspektoran. Semua fungsi tersebut dapat membantu kita dalam mengobati anemia. Sehingga masalah tekanan darah rendah pun bisa teratasi dengan baik.

4. Mencegah arthritis

Kandungan magnesium yang terdapat dalam buah srikaya juga mampu menyeimbangkan kadar air didalam tubuh. Sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh kita untuk menghilangkan rasa asam dari sendi yang merupakan penyebab timbulnya arthritis. Konsumsilah buah srikaya secara rutin untuk mencegah timbulnya arthritis.

5. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Tahukah anda kalau ternyata buah srikaya dapat anda manfaatkan untuk mengobati sakit gigi dan mulut? Ya, kandungan yang ada didalamnya dapat secara alami menjaga kesehatan gigi anda mulut anda. Terutama pada bagian kulit srikaya yang memang dapat membantu mengurangi sakit gigi dan gusi.

6. Menyehatkan mata

Buah srikaya mengandung vitamin C dan riboflavin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda terutama kesehatan mata anda. Selain itu, buah srikaya juga dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada penglihatan yang disebabkan oleh radikal bebas.

7. Menyembuhkan bisul

Buah srikaya juga bisa anda jadikan sebagai obat alami untuk mempercepat penyembuhan bisul. Caranya cukup menyiapkan buah srikaya matang, tambahkan sedikit garam dan aduk hingga benar-benar merata, selanjutnya balurkan pada luka bisul yang ada pada kulit anda, dan ikat dengan kain atau perban. Dengan cara ini akan membantu mengeringkan bisul anda lebih cepat.

8. Mencegah asma

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah srikaya juga bisa anda jadikan sebagai obat alami pencegah berbagai macam penyakit, seperti salah satunya adalah penyakit asma. Hal ini dikarenakan vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan. Dan antioksidan tersebut sangat efektif mencegah dan mengobati penyakit asma secara perlahan.

9. Menurunkan hipertensi

Buah srikaya mengandung potassium yang dapat berperan menurunkan tekanan darah pada tubuh anda. Sangat cocok bagi anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Konsumsi dengan rutin buah srikaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan efektif.

10. Menurunkan kolesterol tinggi

Srikaya juga memiliki kandungan niasin, sehingga buah ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sangat cocok bagi anda yang memiliki masalah kolesterol tinggi. Konsumsi rutin buah ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh anda secara perlahan.

11. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Buah srikaya juga memiliki kandungan vitamin B yang dapat membantu mencegah perkembangan dari homocystein yang mana homocystein dengan jumlah besar dapat menyebabkan stroke dan jantung koroner. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi orang yang menderita penyakit jantung atau stroke.

12. Baik untuk penderita diabetes

Selain baik untuk penderita penyakit jantung, buah srikaya juga kaya akan kandungan serat yang dapat memperlambat laju penyerapan gula darah dalam, sehingga dapat mencegah kita dari penyakit diabetes. Konsumsilah buah srikaya secara rutin agar terhindar dari penyakit diabetes.

Catatan Penting
  • Selain semua manfaat dari buah srikaya, anda juga perlu memperhatikan catatan penting ini. Sebab, ini juga berkaitan dengan berhasil tidaknya dalam memanfaatkan buah srikaya. Jika salah, tentu akan merugikan kesehatan tubuh anda. 
  • Bagi ibu yang sedang hamil sangat dilarang untuk meminum atau menggunakan air rebusan yang berbahankan srikaya sebagi obat herbal, baik itu dari biji, daun, kulit pohon, akar, hingga buahnya sekali pun. Bukan hanya meminum air rebusan, tapi dilarang untuk mengkonsumsi secara langsung juga.
  • Jika anda ingin membuat obat herbal srikaya, terutama untuk obat yang diminum berupa air rebusan maka hati-hati dalam mengolah biji, kulit kayu dan akar pohon srikaya, karena di dalamnya mengandung racun. Anda dapat mengolahnya dengan mengikuti panduan yang benar.
  • Sebaiknya dalam pengolahan daun, biji, akar, kulit pohon hingga buah sebagai olahan obat herbal didampingi atau atas pengarahan para herbalis yang sudah berpengalaman di bidangnya. Hal ini ditujukan agar tidak salah dalam pengolahan tersebut.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan Tubuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.
Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×