Penyebab dan Cara Mengatasi Flu

Penyebab dan Cara Mengatasi Flu

Penyebab dan Cara Mengatasi Flu

Penyebab dan cara mengatasi flu - Flu adalah salah satu gangguan kesehatan yang membuat kita merasa tidak nyaman. Ya, tidak nyaman dalam hal apapun, baik itu dalam bekerja maupun aktivitas lainnya. Memang flu merupakan penyakit yang tergolong ringan. Namun akibat flu, semua aktivitas menjadi terganggu.

Orang yang terkena gangguan flu, biasanya merasa drop. Dan jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka bisa menyebabkan demam tinggi yang membuat daya tubuh seseorang menjadi drop total. Oleh sebab itu jika kita terserang flu, disarankan untuk segera mengobatinya dengan berbagai cara, lebih disarankan lagi menggunakan cara alami.

Flu ini disebabkan oleh virus. Virus flu akan sangat mudah menyerang tubuh seseorang jika pola hidupnya tidak sehat dan mengkonsumsi makanan sembarangan serta kurang aktivitas fisik. Selain itu, banyak juga penyebab flu yang lebih rinci. Berikut ini beberapa penyebabnya.


Penyebab dan Cara Mengatasi Flu

Penyebab flu, pileg, demam, dan batuk:
  • Perubahan cuaca dan musim
  • Mengkonsumsi makanan gorengan atau krupuk
  • Hujan-hujanan
  • Sering berhadapan langsung dengan kipas angin atau tidak membawa jaket saat berkendara
  • Kecapean dan kurang tidur
  • Terlalu sering minum es
  • Panas dalam
  • Udara yang dingin atau ruangan ber-AC
  • Terlalu sering berenang
  • Terkena debu rumah, debu bangunan, atau debu binatang.
  • Cara mengatasi flu

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab terserangnya flu pada tubuh seseorang, selanjutnya anda harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi flu:

1. Minum cairan hangat

Jika anda terserang flu, anda bisa mencoba menggunakan cara ini untuk mengatasinya. Yaitu dengan minum cairan hangat, seperti makanan atau minuman hangat. Cara ini dapat dengan mudah meredakan hidung yang tersumbat, mencegah dehidrasi, dan menenangkan membran yang meradang melapisi hidung dan tenggorokan. Konsumsilah selama anda masih terserang flu. 

2. Mandi dengan air hangat

Selain minum cairan hangat, anda juga bisa mandi dengan air hangat. Air hangat ini akan memberikan uap kehangatan pada hidung anda saat dihirup. Sehingga selain tubuh anda yang lebih fresh, hidung anda juga lebih lega karena ingus yang menyebabkan hidung tersumbat atau flu bisa teratasi.

3. Gunakan minyak kayu putih

Anda juga bisa mencoba mengoleskan minyak kayu putih atau salep menthol dibawah hidung anda. Jangan terlalu banyak, hanya satu tetes. Cara ini dapat membantu membuka saluran pernapasan anda. Menthol, encalyptus, dan minyak kayu putih ini memiliki bahan pati rasa ringan yang dapat membantu meringankan rasa sakit pada hidung.

4. Berkumur dengan air garam

Air hangat yang anda campur dengan bubuk garam ini juga dapat membantu meredakan flu. Caranya hanya digunakan untuk berkumur. Dengan cara ini hidung yang tersumbat serta nyeri tenggorokan akan segera tertasi dengan baik.

5. Mengkonsumsi permen menthol

Jika anda malas melakukan cara-cara tersebut, anda bisa langsung membeli permen menthol. Konsumsilah permen menthol sampai anda merasa hidung anda menjadi lebih lega. Cara ini sangat efektif mengatasi flu dan nyeri pada tenggorokan.

6. Menghirup uap air panas

Anda juga bisa mencoba menghirup uap air hangat. Dengan menghirup uap air hangat, akan membantu mengencerkan ingus yang menyumbat hidung, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Lebih maksimal lagi jika anda menambahkan bahan lain seperti minyak kayu putih atau minyak menthol. Cara ini sangat baik untuk mengatasi flu.

7. Tidur dengan bantal lebih tinggi

Pola tidur yang salah juga dapat menyebabkan terjadinya flu dan bahkan memperparah. Oleh sebab itu anda perlu mengatur pola tidur anda dengan baik. Yaitu dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi. Meninggikan kepala anda akan dapat membantu meringankan hidung yang tersumbat. Lakukanlah setiap kali anda tidur.

8. Mengkonsumsi makanan pelawan infeksi

Berbagai macam makanan atau minuman pelawan infeksi juga perlu anda konsumsi. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji, blueberry, dan juga yang mengandung aspirin alami yang dapat membantu menurunkan demam. Anda juga bisa memilih wortel atau cabe yang dapat membuka sinus dan membantu memecah lendir di paru-paru. 

Demikianlah informasi tentang Penyebab dan cara mengatasi flu. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×