Manfaat Luar Biasa Cokelat Hitam untuk Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Cokelat Hitam untuk Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Cokelat Hitam untuk Kesehatan

Manfaat luar biasa cokelat hitam untuk kesehatan - Anda pernah makan cokelat? Tentu jawabannya pernah. Cokelat adalah salah satu makanan yang dikenal dapat membuat seseorang menjadi gemuk karena kandungan lemak didalamnya. Sehingga banyak orang khususnya wanita yang menghindari cokelat demi kelancaran program dietnya.

Tapi tahukah anda kalau ternyata cokelat memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan? Ya, tepatnya cokelat hitam. Cokelat ini memiliki kandungan senyawa antioksidan yang bernama flavonoid yang dapat membantu meningkatkan kesehatan anda, terutama bagi penderita diabetes. Cokelat ini boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes karena dapat menurunkan resistensi insulin dalam tubuh.

Selain itu, ada juga manfaat lain dari cokelat hitam yang mungkin tidak banyak diketahui dikalangan masyarakat. Tidak selalu cokelat itu merugikan kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat luar biasa cokelat hitam untuk kesehatan tubuh:


Manfaat Luar Biasa Cokelat Hitam untuk Kesehatan

1. Menurunkan berat badan

Bagi sebagian besar orang menganggap kalau cokelat itu hanya menambah berat badan saja. Tapi sebenarnya tidak. Berdasarkan penelitian, bahwa cokelat hitam memiliki kandungan alami yang dapat membantu melancarkan diet anda. Itu artinya cokelat hitam sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

2. Kaya akan antioksidan

Kandungan antioksidan yang terdapat pada cokelat hitam ini dapat membantu melindungi tubuh anda dari serangan radikal bebas yang merupakan penyebab utama kerusakan oksidatif pada sel. Radikal bebas ini dapat membuat kulit wajah anda mengalami penuaan dini lebih cepat. Oleh sebab itu dianjurkan bagi anda mengkonsumsi cokelat hitam ini agar terhindar dari radikal bebas. 

3. Meningkatkan produksi insulin

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap 15 orang untuk mengkonsumsi 3 ons cokelat hitam atau cokelat putih dalam jumlah yang sama yang tidak mengandung phytochemical flavonoid selama 15 hari. Kemudian didapatkan hasil bahwa resistensi insulin secara segnifikan menurun. Sehingga terbebas dari penyakit diabetes.

4. Mengatasi masalah diare

Jika anda memiliki masalah diare, anda bisa memanfaatkan cokelat hitam untuk mengatasinya. Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa tanaman kakao atau tanaman cokelat dapat membantu menghentikan diare. Kandungan flavonoid didalamnya akan mengangkat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil yang berpotensi menghentikan diare.

5. Mencegah perkembangan bakteri jahat

Mengkonsumsi cokelat hitam akan menghasilkan senyawa anti inflamasi sehingga dapat membantu mencegah perkembangan bakteri jahat yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Dengan demikian, mengkonsumsi cokelat hitam sama dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh anda secara perlahan.

6. Meningkatkan suasana hati

Cokelat hitam yang anda konsumsi dapat membantu merangsang produksi endorfin, yaitu suatu zat yang dapat memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik. Dengan demikian, mengkonsumsi cokelat hitam secara rutin akan dapat membantu menenangkan suasana hati anda dan mengubahnya menjadi lebih baik.

7. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Ketika anda mengkonsumsi cokelat hitam, aliran darah ke otak serta jantung akan lebih meningkat. Hal ini dikarenakan kandungan dalam cokelat hitam tersebut. Sehingga fungsi kognitif pun akan ikut meningkat. Cokelat juga mengandung senyawa PEA yang ada di otak dan dapat membantu menciptaan rasa kasih sayang, mendorong otak untuk melepaskan endorfin. Sehingga, dengan mengkonsumsi cokelat hitam ikan mendapatkan suasana hati ang baik dan fungsi otak yang normal.

8. Membantu mengontrol gula darah

Kandungan alami yang terdapat didalam cokelat hitam ini mampu menjaga kesehatan pembuluh darah anda. Sehingga sirkulasi darah menjadi lancar dan tidak terganggu dan tidak terserang oleh diabetes tipe 2. Kandungan flavonoid dalam cokelat hitam ini juga dapat membantu mengurangi resistensi insulin, dengan membantu sel-sel berfungsi secara normal dan mengembalikan kemampuannya untuk menggunakan insulin tubuh secara efisien.

9. Baik untuk penderita anemia

Bukan hanya baik untuk penderita diabetes, cokelat hitam juga sangat baik untuk penderita anemia. Kandungan flavonoid yang ada didalamnya dapat membantu mengobati pasien anemia serta mereka yang memiliki kebiasaan makan buruk atau tidak terkontrol.
10. Mencegah kanker

Kanker memang merupakan penyakit yang mematikan, namun bukan berarti kanker tidak bisa disembuhkan. Untuk menyembuhkan kanker secara perlahan, anda sebenarnya bisa memanfaatkan cokelat hitam. Dengan mengkonsumsi cokelat hitam, kerusakan DHA dapat dikurangi. Hal ini karena kandungan flavonoid dalam cokelat hitam yang ampuh mengurangi kerusakan DHA. Rusaknya DHA itu sendiri adalah salah satu penyebab terjadinya penyakit kanker.

11. Meningkatkan kesehatan mata

Selain wortel, cokelat hitam juga bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan kesehatan mata anda. Hal ini karena kandungan dalam cokelat hitam mampu meningkatkan aliran darah yang menuju ke retina, sehingga penglihatan mata anda menjadi lebih baik dan kesehatan mata menjadi lebih terjaga.

12. Melancarkan peredaran darah

Mengkonsumsi cokelat hitam secara rutin juga dapat membantu melancarkan peredaran darah anda. Pembuluh darah anda akan menjadi lebih fleksibel. Dengan demikian, fungsi sel-sel endotel yang melapisi sel-sel darah menjadi meningkat, dan risiko perkembangan penyakit kardiovaskular menjadi lebih menurun.

13. Menurunkan tekanan darah

Dengan mengkonsumsi cokelat hitam, anda juga bisa menurunkan tekanan darah anda dengan lebih mudah. Cokelat hitam memiliki kandungan magnesium dan tembaga yang dapat membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh anda menjadi lebih stabil atau normal. Dan detak jantung anda pun akan menjadi lebih stabil.

14. Meningkatkan kolesterol baik

Kolesterol baik atau HDL juga bisa anda tingkatkan dengan rutin mengkonsumsi cokelat hitam. Kandungan didalamnya ini dapat menurunkan kolesterol jahad atau LDL dan meningkatkan HDL dalam tubuh anda. Hal ini dapat menepis anggapan dari sebagian orang yang menganggap cokelat sebagai makanan berkolesterol tinggi.

15. Mengurangi risiko serangan jantung

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins di University School of Madicine, menyebutkan bahwa cokelat hitam dapat mengurangi risiko serangan jantung hampir sekitar 50%. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah yang menjadi lebih lambat pada orang yang makan cokelat dibandingkan dengan mereka yang tidak memakannya. Hal ini sangat penting karena ketika trombosit mengalami pembekuan dapat terbentuk dan blok bekuan dalam pembuluh darah ini yang kemudian dapat menyebabkan serangan jantung.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Luar Biasa Cokelat Hitam untuk Kesehatan. Jika banyak orang beranggapan coklat adalah makanan tidak baik, namun hal tersebut tidak berlaku bagi coklat hitam. Hal ini dikarenakan justru coklat hitam sangat baik untuk kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×