Daftar Makanan Penyebab Bau Mulut

Daftar Makanan Penyebab Bau Mulut

Daftar Makanan Penyebab Bau Mulut

Daftar makanan penyebab bau mulut - Bau mulut yang tidak sedap bisa menyebab kita tidak percaya diri saat berada didekat orang lain. Apalagi kalau orang tersebut mengajak bicara kepada kita. Kita mau menjawab tapi takut bau mulutnya tidak sedap. Tidak ingin menjawab pun kita merasa tidak enak karna seharusnya kita menjawab. Itulah susahnya memiliki bau mulut yang tidak sedap.

Berbicara tentang bau mulut, ada banyak penyebab yang bisa membuat bau mulut kita menjadi tidak sedap. Salah satunya adalah jarang sikat gigi atau membersihkan gigi. Sehingga sisa-sisa makanan pun akan selalu menempel dan membusuk, sehingga membuat gigi menjadi kuning dan bau mulut menjadi tidak enak. Selain itu, bau mulut tidak sedap juga bisa disebabkan oleh beberapa jenis makanan, salah satunya adalah jengkol atau pete, selain memberikan bau kentut yang sangat tidak sedap, juga bisa membuat bau mulut tidak enak.

Ada juga penyebab lainnya yang bisa membut bau mulut terasa tidak enak. Tentunya masih dalam golongan makanan. Agar anda bisa menjaga mulut anda agar tetap terjaga bau sedapnya, maka hindarilah daftar makanan penyebab bau mulut berikut ini:


Daftar Makanan Penyebab Bau Mulut

1. Bawang putih

Bawang putih, bawang merah, dan bawang bombai memiliki aroma yang khas dan sangat kuat. Jika dikonsumsi maka bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Bukan hanya sekejap, bau mulut yang ditimbulkan pun bisa sampai berjam-jam bahkan hingga berhari-hari.

2. Rempah-rempah

Rempah-rempah biasanya memiliki aroma yang kuat dan akan memunculkan bau gas sulfur jika dikonsumsi. Gas sulfur tersebut diserap oleh darah yang kemudian dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Yang termasuk rempah-rempah antara lain bawang putih, bawang merah, dan kari.

3. Daging merah

Daging merah sulit untuk dicerna. Ketika daging merah tidak tercerna dengan baik, maka akan mengeluarkan racun dan gas busuk yang dilepas melalui keringat. Bahkan berdasarkan studi yang telah diterbitkan oleh Chemical, menjelaskan bahwa orang yang mengkonsumsi selain daging merah akan lebih sedikit mengalami bau badan daripada orang yang mengkonsumsi daging merah.

4. Makanan olahan dan junk food

Berbagai macam makanan junk food memiliki banyak kandungan gula atau garam, minyak terhidrogenasi, dan lain sebagainya. Kandungan tersebut akan cenderung membusuk di perut. Sehingga akan berpengaruh pada produksi bau mulut.

5. Gorengan

Gorengan tentu tidak bisa lepas dari lemak dan juga minyak. Jika makanan yang berlemak dan juga digoreng dengan minyak, maka bisa dengan cepat menjadi tengik dalam beberapa waktu. Hal ini bisa menyebabkan proses pencernaan yang buruk. Selain itu, juga bisa menyebabkan bau badan dan bau mulut yang tidak sedap.

6. Tembakau

Tembakau biasanya digunakan untuk bahan pembuatan rokok. Asap rokok dari tembakau ini bisa menyebabkan bau mulut anda menjadi sangat bau. Bau tak sedap dari asap rokok ini sangatlah kuat, sehingga anda harus menghindarinya. Bahkan bau ini akan tetap tinggal di badan berminggu-minggu meski sudah dihentikan. 

7. Produk susu

Susu adalah salah satu minuman yang menyehatkan. Namun, susu dapat menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap. Jika anda ingin agar bau mulut anda tetap terjaga kesedapannya, maka sebaiknya minumlah air putih atau air mineral setelah minum produk olahan susu.

8. Telur

Telur sangat kaya akan proteinnya. Namun telur juga bisa menyebabkan mulut anda berbau tidak sedap. Protein ini akan melepaskan bau tidak sedap yang bisa terbawa kembali oleh udara pernapasan kaluar rongga mulut.

9. Kopi

Kopi memiliki kandungan kafein. Kopi ini dapat menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap. Keasaman dan enzim pada kopi menyatu dengan mulut maupun gigi, Sehingga gigi akan menguning dan akhirnya menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

10. Makanan berserat

Makanan yang mengandung serat memang sangat baik untuk kesehatan, bahkan makanan berserat ini sangat baik untuk pencernaan. Namun makanan berseray mengandung metana, karbon dioksida, dan hidrogen yang memiliki sifat mengeluarkan bau tidak sedap pada mulut ketika dicerna oleh tubuh.

11. Perment mint

Perment min memang memiliki kandungan yang dipercaya dapat mengatasi masalah nafas yang susah. Namun perment mint ini ternyata juga bisa menjadi penyebab timbulnya bau mulut yang tidak sedap. Apalagi kalau sebelumnya mulut sudah halitosis.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×