Cara Alami dan Cepat Atasi Nyeri Haid

Cara Alami dan Cepat Atasi Nyeri Haid

Cara Alami dan Cepat Atasi Nyeri Haid

Cara alami dan cepat atasi nyeri haid - Haid atau menstruasi adalah kondisi dimana keluarnya darah kotor pada rahim seorang wanita. Haid atau menstruasi ini normal dialami oleh wanita yang subur. Memang siklus haid pada setiap wanita itu berbeda-beda. Namun pada umumnya siklus tersebut berjarak satu bulan.

Haid adalah suatu hal yang wajar dialami oleh wanita normal. Pada umumnya, haid berlangsung selama satu minggu. Namun ada juga yang berlangsung 1 hari, dan paling lama 15 hari. Namun jika melebihi 15 hari, anda harus segera menghubungi medis atau dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Sebab, jika melebihi 15 hari, darah yang keluar itu biasanya karena adanya penyakit tertentu.

Ketika anda akan mengalami atau saat haid, apakah anda sering merasakan nyeri? Banyak orang yang mengeluhkan akan hal ini. Dan sampai sekarang ini masih menjadi permasalahan yang harus segera diselesaikan. Yaitu dengan mencari cara agar rasa nyeri bisa diatasi. Nah, anda bisa menggunakan cara alami dan cepat untuk mengatasi nyeri haid berikut ini:


Cara Alami dan Cepat Atasi Nyeri Haid

1. Dengan kompres hangat

Jika anda merasa nyeri saat menjelang atau saat haid, lakukanlah pengompresan dengan air hangat. Anda bisa menggunakan botol yang diisi dengan air hangat, lalu letakkan pada bagian perut yang terasa sakit atau nyeri. Teknik ini dapat membantu anda merelaksasikan perut anda sehingga nyeri bisa teratasi.

2. Dengan memanfaatkan pisang

Pisang mengandung zat alami yang dapat membantu meredakan rasa nyeri pada perut anda saat haid. Anda bisa memanfaatkan pisang untuk mengatasi rasa nyeri tersebut. Kondumsilah pisang lebih sering lagi saat akan datang bulan maupun saat berlangsungnya haid. Cara ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

3. Dengan melakukan diet 

Di poin ke 3 ini anda jangan salah paham ya. Diet yang dimaksudkan bukanlah diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Tapi lebih ditujukan pada pengaturan pola makan. Usahakan saat haid berlangsung jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung cafein, alkohol, gula, dan soda. Konsumsilah buah terlebih yang mengandung magnesium, kalsium, dan zinc.

4. Kunyit asam

Kunyit adalah salah satu obat tradisional yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah haid. Khasiatnya yang luar biasa ini sangat baik untuk kesehatan, salah satunya kesehatan perut. Jika anda merasa nyeri saat datang haid, maka gunakanlah kunyit asam sebagai obat tradisional. Parutlah beberapa ruas kunyit, tambahkan sedikit air, peraslah dan ambil air sarinya. Setelah itu, tambahkanlah sedikit asam jawa dan gula merah. Lalu rebus hingga mendidih. Minumlah dalam keadan hangat.

5. Pijatan lembut

Anda juga bisa melakukan pemijatan ringan dan lembut pada bagian perut anda yang terasa sakit nyeri. Jika perut bagian bawah yang terasa sakit, maka pijatlah secara merata bagian bawah dan juga tulang pinggang. Pastikan melakukan pijatan secara perlahan dan jangan terlalu keras. 

6. Olahraga ringan

Selain itu, anda juga harus olahraga secara rutin untuk mengatasi haid. Tidak harus olahraga berat. Cukup olahraga ringan yang anda bisa. Anda bisa melakukan olahraga yang bisa membantu meredakan rasa nyeri, yaitu dengan berjalan kaki. Dengan jalan kaki, anda bisa membantu meningkatkan denyut jantung anda. Lakukan 30 menit secara teratur. Selain jalan kaki, anda juga bisa jogging. Lakukanlah secara teratur.

7. Istirahat cukup

Bukan hanya dengan olahraga saja untuk mengatasi masalah nyeri haid, anda juga harus mengatur waktu istirahat anda dengan baik. Jangan memaksakan terlalu kelelahan dalam menjalankan aktivitas. Jika dipaksakan justru akan memperparah rasa nyeri. Lakukanlah istirahat secara teratur setiap harinya. Selain itu, jangan tidur terlalu larut malam dan aturlah waktu tidur anda dengan pas.

8. Perbanyak konsumsi zat besi

Saat datang waktu menstruasi dan anda merasakan nyeri haid, maka perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Selain menghindarkan anda dari penyakit anemia, anda juga akan terhindar dari nyeri haid.

9. Hindari pakaian ketat

Jangan lupa juga untuk menghindari segala pakaian ketat. Pakaian ketat akan dapat mengganggu kenyamanan. Terlebih lagi saat masih masa-masa menstruasi dan nyeri yang dialami. Oleh sebab itu kenakanlah pakaian yang longgar dan nyaman. Lebih baik terlihat longgar dan nyaman daripada ketat namun menyiksa.

10. Konsultasikan pada dokter

Anda bisa menjadikan cara poin 10 ini pada pilihan terakhir anda. Jika anda telah melakukan berbagai cara seperti yang ada namun tidak mampu meredakan rasa nyeri haid, maka sebaiknya anda konsultasi pada dokter terdekat. Mungkin saja itu adalah gejala penyakit tertentu. Dengan konsultasi anda akan mendapat pemeriksaan lebih lanjut dan mengetahui masalah apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh anda. 

Demikianlah informasi tentang Cara Alami dan Cepat Atasi Nyeri Haid. Jika anda sering mengalami nyeri haid, anda bisa melakukan tips diatas untuk mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×