17 Manfaat Apel Merah untuk Kesehatan

17 Manfaat Apel Merah untuk Kesehatan

17 Manfaat Apel Merah untuk Kesehatan

Manfaat apel merah untuk kesehatan - Apel merah sebenarnya hampir sama dengan apel pada umumnya. Memiliki bentuk yang sama, rasa yang hampir sama, dan juga memiliki manfaat yang hampir sama. Maka sudah jelas apel merah sangat baik untuk kesehatan.

Berbicara tentang apel merah, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Salah satunya adalah sangat baik untuk memperlancarkan program diet. Jadi, jika anda sedang menjalankan program diet, sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah apel merah ini, karena dapat mengontrol rasa lapar anda dengan baik. Selain itu, buah apel merah juga mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin A, B kompleks, C, serat, fitonutrein, dan mineral. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan mampu memberikan manfaat yang lebih untuk tubuh.

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui apa saja manfaat dari buah apel merah. Buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam ini sebenarnya memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat apel merah untuk kesehatan:


Manfaat Apel Merah untuk Kesehatan

1. Baik untuk pencernaan

Apel merah memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga berbagai macam vitamin serta mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk pencernaan. Kandungan tersebut mudah untuk dicerna oleh tubuh, tentu hal ini menunjukkan bahwa apel merah sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

2. Mengatasi diare dan sembelit

Anda sering mengalami kesulitan saat BAB atau tidak bisa berhenti (diare)? Jika anda mengalami hal semacam itu, maka yang perlu anda lakukan adalah rutin mengkonsumsi buah apel merah. Kandungan serat didalamnya dapat membantu mengatasi masalah tersebut meski keduanya merupakan masalah yang bertolak belakang. Jadi intinya, buah apel merah dapat menormalkan pencernaan anda yang bermasalah.

3. Mencegah wasir

Wasir adalah salah satu masalah kesehatan yang terjadi karena membengkaknya urat di area anal walau tidak berdampak kematian, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah ini sangat menyakitkan. Biasanya wasir disebabkan oleh banyaknya tekanan di daerah panggul dan dubur. Konsumsilah buah apel merah secara rutin untuk membantu mencegah dan mengatasi wasir.

4. Membantu kerja usus halus

Pencernaan dalam tubuh tidak pernah lepas dari kerja usus halus dalam tubuh. Yaitu sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Untuk mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus, maka konsumsilah apel merah secara rutin. Baik itu secara langsung maupun di buat jus.

5. Dapat menurunkan berat badan

Jika anda sedang menginginkan agar berat badan anda cepat turun dan menjadi lebih ideal, anda bisa melakukannya dengan cara mengkonsumsi buah apel merah secara rutin. Buah apel merah dapat mengontrol rasa lapar dalam perut anda. Meskipun mengenyangkan namun buah apel merah ini tidak mengandung lemak yang menyebabkan kegemukan.

6. Dapat meningkatkan stamina

Untuk meningkatkan stamina dalam tubuh anda, anda bisa mencoba mengkonsumsi buah apel secara rutin. Buah apel merah ini memiliki kandungan vitamin, kalium, dan enzim yang dapat mengembalikan stamina tubuh yang telah hilang akibat kelelahan dalam beraktivitas. Sehingga anda menjadi lebih bersemangat lagi dalam beraktivitas.

7. Mencegah penyakit katarak

Katarak adalah salah satu penyakit mata yang sangat berbahaya jika dibiarkan saja. Untuk mencegah terjadinya katarak, konsumsilah buah apel merah secara rutin. Buah apel merah memiliki kandungan antioksidan yang dapat meringankan atau mengecilkan risiko seseorang terkena katarak.

8. Menyehatkan rongga mulut dan gigi

Buah apel juga dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi anda. Jadi tidak perlu takut gigi berlubang setelah makan apel merah. Sebab, buah apel merah ketika dikunyah akan membantu merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu, zat tanin dalam apel juga dapat membantu membersihkan plak yang dapat merusak gigi dan gusi.

9. Mengurangi resiko gangguan pernapasan

Bagi anda yang engkonsumsi buah apel secara rutin dapat membantu menekan risiko penyakit pernapasan. Selain itu, bagi wanita hamil yang rutin mengkonsumsi buah apel merah secara rutin dapat membantu mengurangi tekanan gangguan pernapasan anak dalam kandungan, sehingga kandungan pun menjadi lebih sehat.

10. Kesehatan otak

Buah apel merah memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan otak. Kandungan yang terdapat dalam buah apel merah dapat membantu melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegah stres oksidasi yang disebabkan oleh meurotoksisitas dan juga memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit alzeimer. Oleh sebab itu, konsumsilah buah apel secara rutin.

11. Memberikan perlindungan pada tulang

Kandungan flavonoid yang terdapat dalam buah apel dapat membantu mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan boron pada apel merah juga dapat memperkuat tulang dalam tubuh sehingga tidak mudah keropos. Konsumsilah buah apel merah secara rutin, selain mencegah osteoporosis juga dapat mencegah timbulnya penyakit rematik.

12. Mengontrol kadar gula darah

Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Oleh sebab itu, apel sangat baik untuk dikonsumsi bagi orang yang memiliki riwayat genetik terserang diabetes atau yang memiliki kadar gula darah tinggi agar tidak menjadi lebih parah.

13. Mencegah parkinson

Berdasarkan penelitian yang ada, bahwa apel merah memiliki kandungan serat alami yang dapat membantu mencegah penyakit parkinson. Penyakit ini biasanya ditandai dengan gangguan memproduksi dopamin untuk sel-sel saraf otak. Para ilmuan telah menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan yang dapat berfungsi melawan berbagai macam radikal bebas berbahaya.

14. Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang tinggi dapat menjadi penyebab terjadinya berbagai macam penyakit. Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, konsumsilah buah apel merah secara rutin untuk membantu menurunkan atau menstabilkannya. 

15. Menyehatkan jantung

Penelitian ekstensif menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel ini juga dapat mencegah kolesterol masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk dalam arteri maka akan mengurangi aliran darah ke jantung, hal ini dapat mengarah pada penyakit jantung koroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan kandungan serat larut dalam apel merah. Konsumsilah secara rutin.

16. Mencegah terjadinya batu empedu

Batu empedu adalah penyakit yang disebabkan karena terlalu banyak kolesterol dalam empedu, sehingga cenderung mengeras. Efek jangka pendek yang akan terjadi adalah obesitas. Anda bisa mencegah batu empedu yaitu dengan diet tinggi serat agar kadar kolesterol bisa terkontrol dengan dengan baik. Konsumsilah buah apel merah karena mengandung serat yang sangat baik.

17. Mencegah dan mengobati kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang masih menjadi penyakit mematikan. Untuk mencegah dan mengobati, anda bisa memanfaatkan buah apel merah. Kandungan senyawa triterpenoids pada kulit apel merah yang diidentifikasi pada sebuah penelitian Cornell University, diketahui mampu menghambat sel kanker. Selain itu, sejumlah zat yang terdapat dalam apel merah juga dapat membantu mengurangi risiko kanker, termasuk aktivitas antimutagenik, aktivitas antioksidan, mekanisme anti inflamasi, antiproliferatif, dan proses apoptosis inducing yang diterbitkan dalam jurnal Planta Medica.

Demikianlahh informasi tentang Manfaat Apel Merah untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×