10 Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan dan Kecantikan

10 Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan dan Kecantikan

10 Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah pinang untuk kesehatan dan kecantikan - Anda pernah memanfaatkan buah pinang? Baik itu sebagai obat atau sebagainya? Bagi anda yang belum pernah, mungkin akan bertanya-tanya, apakah buah pinang dapat dijadikan obat atau sebagainya? Jawabannya adalah iya.

Berbicara tentang buah pinang, sebenarnya buah ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Jadi, bukan hanya baik dalam dunia kesehatan saja, tapi juga dalam dunia kecantikan. Salah satu manfaatnya yaitu dapat membantu mengobati penyakit cacingan, terutama bagi anak-anak yang sering mengalami masalah cacingan.

Buah pinang itu sendiri merupakan sejenis palma yang sering ditemui di daerah Afrika bagian timur, Asia, dan Pasifik. Memang banyak orang yang tidak menyukai buah piang, namun sebenarnya buah yang satu ini memiliki manfat yang sangat melimpah. Berikut ini beberapa manfaat buah pinang untuk kesehatan dan kecantikan:


Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengatasi mulut kering

Buah pinang sangat bermanfaat untuk kesehatan mulut. Memanfaatkan buah pinang untuk kesehatan mulut dapat membantu menghindarkan masalah mulut kering. Buah pinang mampu membuat kelenjar ludah menjadi keluar terus menerus. Ludah ini akan mencegah orang terserang penyakit seperti disentri dan sindrom sjogren.

2. Menguatkan gigi dan gusi

Anda pasti sering melihat orang tua mengunyah buah pinang kan? Salah satu tujuannya adalah untuk memperkuat gigi dan gusi. Itu sebabnya mengapa orang tua zaman dulu memiliki gigi yang kuat-kuat. Tapi sekarang sudah jarang orang tua menginang. Untuk memanfaatkan buah pinang sebagai penguat gigi. Cukup iris beberapa buah pinang kemudian kunyahlah.

3. Obat cacing

Anda juga bsia memanfaatkan buah pinang sebagai obat cacing alami. Siapkan seperempat buang pinang, temulawak berukuran setengah jari, kunyit setengah jari. Rebuslah semua bahan hingga mendidih. Kemudian saring airnya dan minum. Kandungan air minuman ini dapat mengatasi penyakit cacingan. Buah pinang juga biasa digunakan oleh peternak ayam agar ayam-ayamnya tidak cacingan dan dapat mempertahankan produksi telur karena bebas dengan cacing.

4. Mengobati kulit yang luka

Untuk mengobatu kulit yang terluka, anda bisa memanfaatkan buah pinang. Carilah buah pinang yang masih muda kemudian tumbuk hingga halus, tempelkan hasil tumbukan ini kepada kulit yang terluka. Lakukanlah secara rutin agar luka bisa cepat mengering dan sembuh.

5. Rabun mata

Bagi anda yang mengalami masalah pada kesehatan mata, seperti rabun mata, anda bisa memanfaatkan buah pinang sebagai obat alami. Caranya, cukup mengunyah daging pohon pinang dan telan airnya. Hal tersebut dapat mengatasi rabun pada mata secara efektif.

6. Mengobati kudis

Kudis memang terasa sangat mengganggu. Untuk mengobatinya, silahkan ambil satu biji buah pinang muda, lalu buah pinang tersebut di parut. Campurkan parutan buah pinang itu dengan 1/4 sendok teh dan 2 gelas air, lalu aduk hingga semua bahan tercampur merata kemudian oleskan pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan cara ini berulang-ulang hingga kudis sembuh.

7. Mengobati difteri

Difteri juga bisa anda sembuhkan dengan memanfaatkan buah pinang. Silahkan ambil 2 biji buah pinang muda lalu memarkan, lalu rebuslah dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas. Sebelum anda meminumnya, tambahkan 1 sendok makan madu lalu aduk hingga merata. Minumlah ramuan tersebut secara rutin setiap hari sekali.

8. Mengatasi kulit wajah berjerawat

Untuk mengatasi maslaah kulit berjerawat, anda bisa memanfaatkan buah pinang dengan cara yang mudah. Yaitu siapkan beberapa buah pinang muda. Cuci buah pinang tersebut hingga bersih dan pisahkan daging dengan biji buahnya. Kemudian haluskan. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 20 menit. Selanjutnya, bersihkan dengan air dingin hingga bersih. Anda bisa melakukan perawatan ini setiap malam hingga jerawat menghilang.

9. Menghaluskan kulit wajah

Selain menghilangkan jerawat, anda juga bisa memanfaatkan buah pinang untuk menghaluskan kulit wajah. Caranya, ambil buah pinag secukupnya, lalu iris buah pinang, dan jemur hingga kering. Haluskan buah pinang menggunakan blender hingga seperti tepung. Kemudian tambahkan sedikit air dan aduk hingga merata. Lalu gunakan adonan trsebut sebagai maske kulit wajah dan leher secara merata. Tunggu 30 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini dua hari sekali secara rutin.

10. Menghilangkan tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput

Anda juga dapat menghilangkan tanda penuaan dini pada kulit anda dengan mudah, yaitu dengan memanfaatkan buah pinang. Buatlah ramuan seperti pada point 7, 8, atau 9. Dengan ramuan tersebut akan dapat mencegah penuaan dini dengan baik. Selain itu, ramuan diatas juga dapat membantu dalam mengurangi kandungan minyak berlebih, mencerahkan kulit wajah yang kusam, mencegah datangnya komedo, dan mampu mengencangkan serta meremajakan kulit wajah. Sehingga kulit anda akan tetap awet muda dan terhindar dari penuaan dini.

Demikianlah informasi tentang 10 Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×