14 Manfaat Kulit Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

14 Manfaat Kulit Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

14 Manfaat Kulit Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Kulit Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Kulit semangka sering dianggap sebagai sampah, dan buang begitu saja. Padahal, kulit semangka memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Ya, buah semangka tidak hanya dagingnya saja yang bisa kita manfaatkan, namun kulit semangka yang kita anggap sebagai sampah juga dapat kita manfaatkan.

Sama halnya dengan buah semangka yang kaya akan kandungan air, kulit semangka juga kaya akan kandungan air yang tentunya baik sekali untuk menghidrasi tubuh kita juga untuk membuat kulit menjadi lembab dan cantik. Kulit semangka mengandung likopen yang baik sekali untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Nah, sahabat, berbicara tentang kulit semangka, kali ini kita akan menjelaskan tentang apasaja manfaat dari kulit semangka. Berikut manfaat kulit semangka untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Kulit Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

1. Mencegah dehidrasi

Manfaat pertama dari kulit semangka untuk kesehatan adalah untuk mengatasi masalah dehidrasi. Seperti yang telah dijelaskan diatas, dimana kulit semangka kaya akan kandungan air yang dapat membuat tubuh terhidrasi, sehingga masalah dehidrasi dapat teratasi.

2. Membantu proses detoksifikasi

Kulit semangka juga sangat baik untuk proses detoksifikasi atau proses pengeluaran racun. Proses detoksifikasi yang biasanya dilakukan oleh ginjal akan sangat terbantu oleh kulit semangka. Kulit semangka mengandung asam amino sutrulin dan arginin. Senyawa tersebut dangat baik untuk organ ginjal dan hati dan melancarkan proses ekskresi, sehingga racun di dalam tubuh akan dengan mudah dikeluarkan melalui ginjal atau juga empedu.

3. Mencegah atau mengobati diabetes atau kencing manis

Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit dengan kadar gula diatas normal. Diabetes juga termasuk dalam kategori penyakit serius yang harus mendapatkan perhatian khusus. Nah, ternyata masalah penyakit diabetes atau kencing manis dapat kita sembuhkan dengan mengkonsumsi kulit semangka. Caranya yaitu, potong kecil-kecil kulit semangka, kemudian direbus bersama jambu biji yang masih mangkal, kemudian anda minum air rebusan tersebut.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tidak hanya mengatasi masalah diabetes atau kencing manis saja, ternyata kulit semangka juga sangat baik untuk anda penderita darah tinggi atau hipertensi. Hal ini dikarenakan kulit semangka mengandung kalium yang dapat mengendalikan tekanan darah. Anda dapat membuat ramuan dari kulit semangka dengan cara membuat jus dari kulit semangka dan anda minum setiap hari.

5. Menyehatkan jantung

Seperti yang kita ketahui, penyebab utama dari penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi. Dengan teratasinya masalah tekanan darah tinggi, itu artinya jantung kita akan menjadi lebih sehat. Dengan demikian, kulit semangka juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung kita.

6. Melembabkan kulit kering

Kulit semangka selain baik untuk kesehatan juga baik untuk kecantikan kulit. Kulit semangka dapat kita manfaatkan untuk melembabkan kulit yang kering. Hal ini dikarenakan kandungan air pada kulit semangka yang melimpah, sehingga masalah kulit kering dapat teratasi. Kulit akan menjadi lembab dan kenyal cantik alami.

7. Membersihkan kulit

Kandungan air yang melimpah pada kulit semangka juga dapat membuat kulit menjadi bersih. Kulit semangka akan membersihkan kotoran, minyak, debu dan polusi serta sisa make up yang menempel pada kulit wajah, dengan demikian, kulit wajah akan menjadi bersih dan terbebas dari masalah kulit. Cara menggunakannya yaitu gosokan secara perlahan kulit semangka bagian dalam pada kulit wajah.

8. Mencerahkan kulit wajah

Tidak hanya membersihkan kulit wajah saja, namun dengan menggunakan masker kulit pepaya kulit wajah juga akan menjadi putih dan bersih. Kulit pepaya akan mengankat kotoran pada kulit, sehingga kulit akan terlihat bersinar cantik alami.

9. Mengatasi jerawat

Kita juga dapat mengatasi jerawat dengan menggunakan kulit semangka. Kulit semangka akan mengatasi peradangan kulit sehingga masalah jerawat dapat teratasi.

10. Mengatasi komedo

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dimana kulit semangka mampu membersihkan dan mengangkat kotoran dari kulit. Komedo merupakan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, nah dengan menggunakan kulit semangka, maka kotoran pada pori-pori akan terangkat dan komedo dapat teratasi.

11. Mengecilkan pori-pori dan membuat kulit menjadi halus

Tidak hanya membersihkan kulit dan pori-pori saja, namun menggunakna kulit semangka juga akan membuat kulit menjadi halus. Hal ini dikarenakan kulit semangka mampu mengecilkan pori-pori kulit, sehingga kulit akan menjadi halus dan lembut.

13. Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati atau flek hitam seperti bekas luka, jerawat dan lain sebagainya juga dapat kita atasi dengan menggunakan kulit semangka. Kulit semangka akan mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan flek hitam sehingga kulit menjadi halus dan cerah. Cara mengguakannya sama, yaitu gosokan kulit semangka bagian dalam pada kulit wajah selama kurang lebih 10 menit.

14. Mentangatasi tanda penuaan

Masalah penuaan disebabkan kulit kekurangan nutrisi dan cairan, sehingga kulit menjadi kering dan keriput. Nah kulit semangka kaya akan kandungan air dan nutrisi baik untuk kulit. Dengan menggunakan kulit semangka, kulit wajah akan ternutrisi dan kulit menjadi lembab, kenyal serta awet muda.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Kulit Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Kulit semangka yang selama ini kita anggap sebagai sampah dan kita buang begitu saja, ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.
Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×