14 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan

14 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan

14 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat lengkuas untuk kesehatan dan kecantikan - Lengkuas adalah salah satu tanaman rempah-rempah yang termasuk dalam genus alpina. Tanaman lengkuas ini berasal dari thailand. Di daerah timur tengah, lengkuas biasa dijadikan sebagai ramuan obat herbal yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Namun, lengkuas biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu dasar berbagai macam kuliner nusantara. Seperti, bumbu pelengkap untuk olahan daging, sayuran dan ikan. Lengkuas memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, sodium, flavonoid, fitonutrein, dan masih banyak lagi. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk mengobati masalah kesehatan dan mengatasi masalah kecantikan tubuh.

Bagi anda yang jarang atau bahkan belum pernah memanfaatkan lengkuas sebagai obat alternatif yang alami, mungkin belum tahu lebih banyak mengenai manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat lengkuas untuk kesehatan dan kecantikan:

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Menurunkan demam

Lengkuas memiliki kandungan analgesik dan antipiretik yang dapat anda manfaatkan untuk membantu mengurangi rasa sakit seperti demam, serta dapat mengurangi infeksi akibat bakteri dan jamur. Sangat cocok untuk anda jadikan sebagai obat alami penurun demam.

2. Mengeluarkan racun

Racun yang terdapat dalam tubuh bisa anda keluarkan dengan memanfaatkan lengkuas. Nutrisi yang tertanam dalam lengkuas akan mampu bekerja ekstra untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh anda. Dan adanya antioksidan pada lengkuas juga mampu mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat radikal bebas.

3. Memberikan rasa nyaman di perut

Mengkonsumsi lengkuas juga dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan pada perut anda yang disebabkan oleh peradangan atau penyakit lain. Sangat cocok bagi anda yang ingin mengurangi muntah, mabuk perjalanan, serta gejala diare. Namun di China, lengkuas juga biasa digunakan sebagai obat cegukan. Cara penggunaannya dikombinasikan dengan ginseng.

4. Menjaga kesehatan mulut

Anda juga dapat memanfaatkan ekstrak dari akar lengkuas yang dapat membantu mengurangi sariawan, radang gusi, dan radang lainnya di mulut dan tenggorokan. Selain itu, ekstrak akar lengkuas juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut (halitosis). Anda dapat menggunakannya dengan cara berkumur menggunakan ekstrak akar lengkuas tersebut.

5. Dapat menurunkan risiko rematik

Di negara-negara Timur Tengah, biasanya lengkuas digunakan sebagai bahan ramuan untuk mengobati reumatik dan arthritis. Nah, anda juga bisa memanfaatkan lengkuas seperti yang biasa dilakukan di timur tengah. Dengan mengkonsumsi lengkuas secara rutin dapat membantu menurunkan risiko rematik dan arthritis.

6. Mengurangi risiko kanker

Berdasarkan studi yang pernah dilakukan oleh para peneliti Inggris, menunjukkan bahwa lengkuas mengandung manfaat flavonoid galangin yang terbukti memiliki anti-oksidatif untuk menangkal radikal bebas. Zat ini bermanfaat untuk memodulasi enzim kegiatan dan menekan genotoxicity bahan kimia. Selain itu, kandungan minyak atsiri dalam lengkuas juga bisa meningkatkan permeasi kulit dari fluorouracil. Sehingga anda akan lebih terhindar dari kanker.

7. Mengobati bekas luka bakar

Untuk mengobati bekas luka bakar yang pernah anda alami, anda bisa menggunakan ramuan lengkuas. Ramuan tersebut dapat menyembuhkan kulit terbakar. Ketika ramuan ini dioleskan pada kulit yang terbakar, rasa sakit akan terasa lebih ringan dan dapat juga menyembuhkannya seperti minyak kelapa. Anda dapat melakukannya dengan menggosokkan irisan segar lengkuas pada kulit 2-3 kali setiap hari untuk mengurangi bekas luka.

8. Mempertahankan keremajaan kulit

Lengkuas memiliki sifat antioksidan yang mampu menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini menyebabkan pelepasan nutrisi ekstra untuk jaringan kulit, sehingga mampu mencegah radikal bebas yang dapat merusak kesehatan dan kecantikan kulit, serta menjaga keremajaan kulit anda. Sebuah perawatan alternatif yang bisa anda lakukan.

9. Membersihkan jerawat

Lengkuas juga memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu menjaga kulit agar tetap terlihat bersih, cerah, dan halus. Ramuan dari lengkuas ini akan berfungsi untuk merevitalisasi dan mencerahkan kulit. Selain itu, jika anda memiliki jerawat pada kulit wajah, anda juga dapat membersihkannya dengan ramuan lengkuas. Kandungan di dalamnya dapat mengurangi pembentukan jerawat dengan membersihkan bakteri dari kulit. Sangat cocok untuk perawatan kulit.

10. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini memang membuat penampilan wajah kita menjadi tidak sebanding dengan usia yang sebenarnya. Wajah akan terlihat lebih tua dan mengkerut. Nah, untuk mencegahnya anda bisa memanfaatkan jus lengkuas. Jus ini dapat diterapkan untuk berbagai pengobatan penyakit kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mencegah kulit dari tanda dan gejala penuaan.

11. Perawatan rambut kering dan rapuh

Rambut yang kering dan rapuh memang sangat mengganggu penampilan. Apalagi rambut yang kering itu mudah rontok. Tentu hal ini akan mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri anda. Namun anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan lengkuas. Kandungan vitamin, zinc, dan fosfor akan membantu memperkuat akar rambut dan membuatnya lebih bersinar, sehingga rambut tidak mudah kering dan juga rapuh.

12. Mengurangi rambut bau

Selain dapat memperkuat rambut, lengkuas juga dapat membantu mengurangi bau tak sedap pada rambut anda. Sehingga rambut akan tetap terjaga keharumannya setiap saat. Lakukanlah perawatan secara rutin menggunakan ekstrak lengkuas.

13. Mengatasi kerusakan rambut

Ekstrak lengkuas juga dapat anda manfaatkan untuk digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai kondisi buruk pada rambut seperti ketika rambut terkena polusi, terlalu sering terkena panas, maupun jenis kerusakan yang lain. Melakukan perawatan dengan rutin akan membuat rambut anda menjadi lebih kuat.

14. Menghilangkan ketombe

Ketombe merupakan masalah umum yang sering menyerang kulit kepala. Untuk mengatasi ketombe, anda dapat memanfaatkan ekstrak lengkuas. Kandungan di dalamnya mampu bertindak sebagai antiseptik yang dapat menyingkirkan ketombe secara permanen. Minyak yang diekstrak dari lengkuas dapat diterapkan pada kulit kepala anda. Atau bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun maupun minyak wijen.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×