Manfaat sertaEfek Samping Buah Nangka bagi Kesehatan

Manfaat sertaEfek Samping Buah Nangka bagi Kesehatan

Manfaat sertaEfek Samping Buah Nangka bagi Kesehatan

Manfaat sertaefek samping buah nangka untuk kesehatan - Buah nangka adalah salah satu buah yang memiliki multifungsi. Selain bisa dikonsumsi saat sudah matang dan juga bisa dimasak menjadi sayur saat buahnya masih muda. Tidak hanya itu saja, bahkan banyak juga yang mengkonsumsi buah nangka sebagai cemilan, yaitu dengan merebus atau menggorengnya.

Berbicara tentang buah nangka. Buah ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah nangka memiliki kandungan vitamin A, B, dan C, serta kandungan mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, kalsium, dan seng. Semua kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini juga kaya akan serat sebagai antioksidan yang membantu mengontrol detak jantung serta tekanan darah.


Selain itu, ada juga manfaat lain dari buah nangka. Namun, disamping mengetahui manfaatnya, anda juga perlu mengetahui efek samping buah tersebut bagi kesehatan. Hal ini ditujukan agar tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Berikut ini beberapa manfaat dan efek samping buah nangka bagi kesehatan:


Manfaat dan Efek Samping Buah Nangka bagi Kesehatan

Manfaat buah nangka

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Nangka adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah terjadinya gangguan kesehatan seperti pilek dan infeksi. Vitamin C dalam buah nangka tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mendukung fungsi sel-sel darah putih.

2. Meningkatkan energi

Nangka juga dikenal sebagai buah yang dapat membantu membangkitkan energi. Hal ini karena adanya kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Mengkonsumsi buah nangka secara rutin dapat membantu membuat merasa direvitalisasi seketika. Dan energi dalam tubuh anda pun akan lebih meningkat.

3. Membantu penglihatan

Buah nangka mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A tersebut merupakan antioksidan kuat yang bermanfaat untuk penglihatan. Selain itu, vitamin A tersebut juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir serta menaikkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

4. Perlindungan terhadap kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Untuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh anda, konsumsilah buah nangka secara rutin. Kandungan vitamin C dalam nangka dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dan juga kandungan fitonutrein seperti lignan, isoflavon dan saponin yang dapat melawan kanker. Fitonutrein ini dapat membantu menangkal radikal bebas dari tubuh yang dapat menyebabkan kanker.

5. Menurunkan tekanan darah

Nangka merupakan buah yang kaya akan kandungan kalium. Kandungan tersebut sangat penting bagi tubuh untuk menjaga cairan tubuh dan keseimbangan elektrolit dalam sel-sel tubuh dan membantu mengatur tekanan darah. Sehingga dapat mengurangi risik jantung dan stroke. Konsumsilah buah nangka secara rutin.

Efek samping buah nangka

1. Menyebabkan beberapa reaksi alergi

Dalam beberapa kasus, buah nangka dapat menyebabkan alergi. Oleh sebab itu, bagi anda yang memiliki masalah dengan alergi, khususnya alergi dengan buah nangka, sebaiknya jangan mengkonsumsi buah nangka dan hindarilah sebisa mungkin.

2. Bahaya bagi penderita mag

Bagi anda yang pernah terserang penyakit maag kronis, hal ini akan berefek tidak baik bagi bagi anda. Jika dulunya pernah terserang maag, terkadang buah nangka dapat menyebabkan maag yang pernah anda alami itu kambuh kembali. Oleh sebab itu bagi anda yang menderita maag kronis hindarilah buah nangka.

3. Menyebabkan perut kembung dan bergas

Mengkonsumsi buah nangka memang baik, namun jangan berlebihan. Mengkonsumsi buah nangka berlebihan dapat menyebabkan terjadinya perut kembung. Perut akan mengalami masalah kesehatan seperti kembung, diare, dan timbul rasa ingin buang gas terus menerus.

4. Meningkatkan koagulasi pada penderita kelainan darah

Koagulasi adalah proses pengumpulan cairan atau larutan secara keseluruhan ataupun sebagian sehingga membentuk gumpalan-gumpalan baik lunak maupun keras seperti gel. Contohnya adalah menggumpalnya darah saat akan mengalir ke luar tubuh. Oleh sebab itu, jika anda memiliki gangguan darah, lebih baik hindari buah nangka karena jika dikonsumsi dapat berakibat buruk.

5. Mengubah tingkat toleransi pada penderita diabetes

Penderita diabetes juga termasuk orang yang perlu menghindari buah nangka. Mengkonsumsi buah nangka dapat membuat penderita diabetes mengalami peningkatan glukosa dalam darah lebih tinggi. Oleh sebab itu hindarilah sebisa mungkin untuk tidak dikonsumsi.

6. Meningkatkan suhu janin dan kontraksi dini

Memang buah nangka baik untuk ibu yang sedang hamil, hal ini berlaku jika dikonsumsi dalam takaran normal. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan malah akan menyebabkan maalah pada janin. Suhu janin akan mengalami peningkatan serta akan terjadi kontraksi lebih awal yang dapat berdampak bayi lahir prematur, tidak normal, atau bahkan keguguran.

Demikianlah informasi tentang Manfaat serta Efek Samping Buah Nangka bagi Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×