13 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan

13 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan

13 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan - Bengkoang adalah salah satu buah yang memiliki kandungan air melimpah, sehingga rasa yang ditawarkan pun segar dan sedikit manis. Buah bengkoang ini termasuk ke dalam kategori umbi-umbian, karena tumbuh di dalam tanah. Lalu apa saja manfaat dari bengkoang?

Berbicara tentang buah bengkoang, sebenarnya memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh. Berbagai macam kandungan nutrisi dan gizi didalamnya dapat dimanfaatkan sebagai obat alami maupun bahan perawatan kecantikan. Bengkoang mengandung vitamin B, C, zat besi, kalsium, lemak, dan karbohidrat, yang bisa anda manfaatkan untuk berbagai keperluan kesehatan maupun kecantikan.

Bengkoang sebenarnya telah dikenal dari dahulu akan manfaatnya yang melimpah. Bahkan sekarang pun sudah banyak yang memanfaatkan bengkoang untuk bahan utama berbagai olahan makanan atau bahan utama produk kecantikan. Nah, berikut ini beberapa manfaat bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan:

13 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengobati sariawan

Bengkoang mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Dan juga kandungan antioksidan didalamnya dapat membantu mengatasi sariawan. Sangat cocok bagi anda yang sedang mengalami sariawan dan sangat mengganggu nafsu makan. Konsumsilah bengkoang untuk mengatasi sariawan tersebut.

2. Mengobati beri-beri

Beri-beri adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin B1. Jika anda mengalami masalah beri-beri, anda bisa memilih buah bengkoang sebagai obat alaminya. Anda cukup mengkonsumsinya secara rutin. Karena bengkoang juga mengandung vitamin B1 yang cukup banyak, sehingga cocok bagi anda yang kekurangan vitamin B1.

3. Mengatasi masalah asam lambung

Bengkoang bersifat alkali yang dapat menjadi pendingin atau penyerap asam lambung dengan lebih cepat. Jadi sangat cocok bagi anda yang memiliki kadar asam lambung tinggi. Konsumsilah bengkoang tanpa campuran apapun secara rutin. Hal ini akan mencegah gangguan akibat asam lambung yang tinggi seperti mag dan lain sebagainya.

4. Menurunkan demam

Demam memang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan buah bengkoang. Kandungan alami yang terdapat dalam bengkoang sangat membantu mendinginkan panas dalam tubuh dan menurunkan demam. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung maupun dijadikan sebagai jus.

5. Menyehatkan tulang dan gigi

Bengkoang memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang maupun gigi. Pertumbuhan tulang dan gigi akan menjadi lebih maksimal dan lebih sehat dengan mengkonsumsi bengkoang setiap harinya. Konsumsilah secara rutin.

6. Memperlancar pencernaan

Inulin yang terkandung dalam buah bengkoang bersifat sebagai serat makanan, sifat ini sangat berpengaruh terhadap fungsi usus dan perbaikan parameter dalam darah. Sebagai serat makanan, inulin akan meningkatkan feses serta frekuensi defeksi terutama bagi penderita konstipasi. Sedangkan perbaikan parameter lemak dalam darah yaitu penurunan kadar triliserida serum dan juga kolesterol darah pada penderita hypercolemia.

7. Mengobati batu ginjal dan empedu

Buah bengkoang juga mengandung potasium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tubuh terutama ginjal dan empedu. Jika anda mengalami masalah dengan ginjal maupun empedu, maka dengan mengkonsumsi bengkoang adalah solusi alternatif yang bisa anda lakukan. Namun, konsultasi lah terlebih dahulu kepada dokter.

8. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kolesterol yang meningkat dapat menjadi pemicu berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu kita harus bisa menjaga kadar kolesterol dalam darah. Konsumsilah buah bengkuang ini secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk kesehatan tubuh anda terutama dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

9. Baik untuk penderita diabetes mellitus

Bengkoang kaya akan kandungan serat yang baik untuk menurunkan gula darah. Buah bengkuang ini sangat cocok untuk anda pilih sebagai obat alami diabetes. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau dijadikan jus atau juga bisa diparut kemudian disaring dan diambil sarinya lalu minum setiap pagi dan sore hari.

10. Mengurangi efek manopause

Efek akibat manopause memang dapat merubah penampilan tubuh. Bahkan akan telihat tua lebih cepat. Hal ini karena adanya kerutan-kerutan halus atau keriput. Anda bisa memanfaatkan buah bengkuang untuk mengatasinya. Kandungan fitoestrogen dalam bengkuang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan menjaga kulit agar tetap sehat dan segar.

11. Mencerahkan kulit

Kandungan vitamin B1 dan C yang terkandung di dalam buah bengkuang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya adalah dapat mencerahkan kulit secara menyeluruh. Untuk memanfaatkan bengkoang sebagai masker, anda cukup mengupas bengkoang segar dan kemudian parut sebagian. Gunakan parutan daging bengkoang sebagai masker.

12. Menghilangkan noda hitam dan flek pada wajah

Anda juga bisa memanfaatkan bengkoang untuk menghilangkan masalah noda hitam dan flek pada wajah. Kandungan air yang cukup banyak dalam bengkuang dapat membantu menyamarkan dan menghilangkan secara perlahan. Caranya seperti poin 11, dengan mengupas dan diparut dagingnya lalu gunakan sebagai masker.

13. Melembabkan kulit

Bukan hanya mencerahkan dan menghilangkan noda pada wajah, tapi juga dapat melembabkan kulit wajah. Bengkoang memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk mendinginkan kulit dari rasa kering akibat sinar matahari. Gunakan bengkoang sebagai masker wajar. Perawatan secara rutin akan dapat menjaga kelembaban kulit wajah anda secara maksimal.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×